Wisata Pelabuhan Ratu; Berbagai Pantai Indah dan Mitos Yang Kental

Siapa yang tidak mengenal Jawa Barat, provinsi yang memiliki berbagai macam keindahan ini memang bisa dijadikan sebagai salah satu daftar wisata pilihan. Seperti halnya di pelabuhan ratu yang terkenal dengan berbagai macam pantai nan elok dan esoktis. Berada di sini sepertiĀ  berada di surga yang telah lama hilang yang mampu membius sobat untuk tetap bertahan.

Misteri dan Mitos

Sebelum mengetahui apa saja kawasan pantai yang ada di pelabuhan ratu, perlu di ketahui bila di kawasan ini tesembunyi sebuah misteri dan mitos yang cukup terkenal, yaitu tentang nyi roro kidul yang sejak dahulu sudah menjadi cerita di kalangan masyarakat luas.

Bahkan cerita tersebut semakin benar dengan hadirnya sebuah hotel yang ada di pelabuhan ratu. Hotel tersebut konon katanya menjadi tempat peristirahatan, dan tempat sobat yang ingin bertemu dengan kanjeng ratu.

Oleh karena itu, mitos dilarang menggunakan pakaian hijau masih berlaku di sepanjang pantai tersebut. Entah benar ataukah tidak, tetapi banyak yang mempercanyai akan hal tersebut. Dan menganggapnya sebagai sebuah aturan baku.

Daftar Wisata di Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

pantai pelabuhan ratu
pantai pelabuhan ratu

Inilah dia kawasan yang dimaksud di atas, dimana di pantai ini hadir sebuah hotel bernama inna samudra beach hotel. Berada tepat di depan pantai peklabuhan ratu membuat sobat bisa menikmati kawasan ini tanpa harus turun ke bawah pantai. Bahkan, menikmati sunset pun bisa dari balkon hotel.

Untuk menikmati wisata horror ratu nyi roro kidul sobat akan dikenaka tarif sebesar 15 ribu rupiah. bila ingin bersemedi selama 1 jam akan dikenakan tarif sebesar 125 ribu rupiah.

Menuju ke kawasan ini sobat bisa menggunakan bus dari terminal bogor menuju ke sukabumi dengan tariff 15 ribu. Kemudian, ganti dengan bus tujuan sukabumi ke pelabuhan ratu. Dan turun tepat di pantai, harganya pun sama 15 ribu rupiah saja.

Baca:   Rekomendasi Tempat Wisata di Berastagi Yang Bisa Di Kunjungi

Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu

Daya Tarik utama dari kawasan ini adalah garis pantai yang kurang lebih 4 km. pantai ini mempunyai dua sisi yang berbeda. Salah satunya dihiasi oleh perbukitan karang dan bebatuan. Serta hamparan pasir pantai yang menarik berwarna putih kecoklatan.

Disini sobat bisa menikmati beberapa gazebo-gazebo yang sudah di sediakan khusus bagi wisatawan yang ingin duduk santai dan menikmati panorama dengan leluasa. jangan lewatkan untuk menikmati pesona matahari terbenam yang sangat mempesona. Harga tiket yang harus dibayar di kawasan ini adalah 2.500 rupiah saja,.

Cara menuju ke kawasan ini adalah menggunakan kendaraan pribadi bila dari arah Jakarta, sobat bisa menggunakan tol jagorawi sebagai jalur alternatif. Dengan menggunakan tol ini sobat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam. Mudah sekali bukan menuju ke kawasan ini.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Pantai Cimaja

Inilah kawasan yang mungkin jadi favorit bagi seluruh pecinta selancar. Disini, ada banyak sekali ombak-ombak tinggi yang wajib ditaklukkan. Bahkan, tingginya mencapai 4 meter. Sahabat paling baik bagi mereka yang memang hobi menerjang ombak. Kawasan ini pun sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar kompetisi surfing.

Untuk bisa menikmati keindahan di kawasan ini sobat akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. ditambah dengan tarif parkir untuk kendaraan bermotor dengan harga 3 ribu rupiah, bagi yang menggunakan mobil akan di kenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah.

Selain surfing, sobat juga bisa menikmati keindahan sunset di tempat ini. Dimana, matahari yang akan terbenam perlahan turun hingga bersembunyi di balik ombak pantai. Sungguh, mempesona nian momen seperti ini, momen yang memang selalu di tunggu oleh semua orang.

Baca:   Pantai Batu Bengkung, Ketika Alam Memamerkan Kecantikannya

Pantai Loji

Mau menikmati kesendirian tanpa diganggu oleh banyak orang. Mungkin, pantai loji adalah kawasan yan paling tepat. Dimana, sobat bisa menikmati keindahan pantai yang tidak akan pernah bisa terlupakan keindahannya.

Eloknya tempat ini adalah karang-karang besar yang ada dari berbagai macam sudut dari ujung sana hingga ujung sini. berpadu dengan birunya laut. Tidak jauh dari kawasan ini juga ada cerobong PLTU yang menghadirkan sebuah suasana yang berbeda.

Pantai ini masih berada di kawasan geopark ciletuh sehingga, menuju ke kawasan ini sobat bisa menmpuh jalan menuju ke geopark yang saat ini sudah diakui oleh dunia ini.

Pantai Citepus

Inilah dia pantai yang juga disebut dengan permadani raksasa. Lantaran hamparan pasir yang terbentang luas sejauh 5 km tersaji di depan mata. pasirnya yang juga sedikit landai membuat pesona yang dihadirkan bisa bikin geregetan.

Keunikan lain yang bisa disaksikan dan dirasakan langsung dari pantai citepus adalah kebersihannya yang super sekali. Tidak ada satu pun sampah terlihat disini. selain itu, kawasan ini juga bisa digunakan sebagai area memancing atau juga menyewa perahu nelayan untuj berlayar menikmati pantai dengan cara yang berbeda.

Untuk bisa menikmati pantai citepus ini sobat wajib merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah. masih ditambah denganĀ  uang parkir sebesar 10 ribu bagi pengguna mobil dan 5 ribu rupiah bagi pengguna kendaraan bermotor.

Pantai Cibangban

Harga tiket kawasan ini cukup murah hanya dengan uang sebesar 2 ribu rupiah saja. harga yang murah ini memang menawarkan keindahan pantai yang esoktis. tidak hanya itu sajaj, airnya pun sangat jernih dan mempesona, sehingga siapa pun yang datang ke tempat ini akan terhipnotis.

Baca:   Pantai Balangan, Pantai Tersembunyi yang Tidak Lagi Kesepian

Lokasinya cukup bersih dan nyaman bila dijadikan sebagai tempat untuk menyendiri dan sendiri. Suara ombaknya memang mengesankan seakan menghadirkan sebuah melodi tersendiri.

Pemandian Ai Panas Cisolok

Ternyata pelabuhan ratu tidak hanya soal pantainya saja melainkan hadir berbagai macam keindahan lainnya yaitu air panas yang sangat menyegarkan. Pemandian alami ini begitu menarik dan patut dikunjungi.

Menariknya lagi, kawasan ini tidak mempunyai belerang seperti halnya pemandian air panas di kebanyakan kawasan lainnya. Nah, sumber air panas ini nyatanya hadir dari geyser yang bisa dilihat. Kurang lebih ada tiga geyser yang ada di kawasan ini. Dimana, geyser ini memiliki suhu kurang lebih 80 derajat celcius.

Sobat dilarang untuk mendekat di kawasan geyser ini lantaran suhunya yang sangat panas. Sehingga, akan sangat berbahaya. Lebih baik melihat dari jauh saja. dan nikmati kawasan ini dengan bersantai di pinggir kolam.

Untuk bisa menikmati kawasan ini sobat bisa membayar uang tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah, untuk jam operasional kawasan ini akan buka pada pukul 8 pagi hingg 6 sore.

Wisata di pelabuhan ratu memang menarik dikunjungi apalagi hampir sebagian pantainya memang elok dan memiliki ombak yang cukup deras. Tetapi, dengan hadirnya berbagai macam mitos yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Semoga rekomendasi di atas bisa membantu sobat menentukan liburan di pelabuhan ratu.

Categories Wisata
Baca juga: