Pantai Wediombo, Pantai Menawan dengan Kolam Alami

Pantai Wediombo terbentuk dari garis pantai dengan balutan pasir putih dan hamparan batu karang. Dibandingkan pantai wisata lain di Jogja, pantai ini menyendiri jauh di sebelah timur. Pantai yang memiliki sunset mempesona ini, masih relatif sunyi sehingga asyik dikunjungi.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang gersang, di Pantai Wediombo terdapat banyak pohon-pohon besar yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh. Jika ingin memasang hammock, maka di pantai inilah tempatnya. Setelah hammock terpasang, Anda bisa menikmati desir angin dan deru ombak nan menenangkan jiwa.

Pantai Wediombo asyik digunakan sebagai tempat bermain. Selain memiliki hamparan pasir putih yang lumayan luas, Pantai Wediombo juga dihiasi dengan karang-karang besar yang menjorok ke laut. Terjangan gelombang besar ke atas karang akan menciptakan pemandangan yang indah. Diantara jajaran karang pantai, terdapat juga kolam air asin alami.

Jika datang di waktu dan musim yang tepat, wisatawan dapat menyaksikan sunset nan indah dari pantai ini. Bola besar berwarna keemasan akan lindap dan menghilang di balik cakrawala, menciptakan sensasi yang luar biasa.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Tradisi Ngalagi Pantai Wediombo

Pada saat-saat tertentu, pengunjung bisa melihat upacara Ngalangi yang digelar oleh penduduk setempat. Upacara ini digelar sekali setahun, mirip upacara labuhan besar, tujuannya adalah mengungkapkan syukur pada Tuhan atas anugerah yang diberikan dan memohon rejeki lebih untuk masa mendatang. Anugerah yang dimaksud terutama adalah hasil tangkapan ikan yang jumlahnya lumayan, hingga bisa mencukupi kebutuhan.

Sayangnya Jadwal penyelenggaraan tidak menentu, karena tidak terjadwal setiap tahun. Tradisi ini mengikuti keinginan warga yang menyelenggarakan. Biasanya berhubungan dengan nazar ketika hal yang diinginkan terpenuhi atau terlaksana. Terkadang juga Upacara adat ngalangi diselenggarakan bersamaan dengan tradisi bersih desa dan rasulan.

Prosesi upacaranya cukup unik, dimulai dengan acara merentangkan gawar atau jaring yang dibuat dari pohon wawar. Jenis jaring ini konon digunakan untuk menangkap ikan sebelum adanya jaring dari senar yang dipakai sekarang. Gawar direntangkan dari bukit Kedongkowok hingga wilayah pasang surut pantai. Perentangan dilakukan saat air pasang, tujuannya adalah menjebak ikan yang terbawa ombak sehingga tak dapat kembali ke lautan.

Setelah air surut, ikan-ikan diambil. Warga kemudian sibuk membersihkan dan memasak ikan tangkapan. Sebagian kecil ikan dilabuh lagi ke lautan bersama nasi dan sesaji. Sebagian besar lainnya dibagi sesuai dengan jumlah keluarga penduduk setempat dan diantar ke rumah-rumah warga. Acara mengantar ikan ke rumah- rumah warga ini sering disebut kendurian besar, wujud kearifan lokal bahwa semua ikan adalah rejeki bersama.

Baca:   Curug Cilember, Tempatnya Para Petualang Berkumpul

Lokasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di kelurahan  Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai wediombo letaknya agak menyendiri. Berjauhan dengan pantai wisata lain, seperti pantai indrayanti, pantai krakal, pantai baron.

wisata Pantai Wediombo
wisata Pantai Wediombo

Rute Menuju Pantai Wediombo

Rute menuju pantai wedi ombo mudah ditempuh. Kulaitas jalan juga sangat bagus. Rute dari kota Yogyakarta menuju ke pantai wedi ombo ini hampir sama dengan rute menuju ke pantai-pantai di gunung kidul yang lain. Dari kota Yogyakarta pengunjung bisa mengambil ke arah jalan wonosari.

Di, pada pertigaan setelah pasar ambil kanan menuju jalur pantai  baron. Sekitar 10 km kemudian akan bertemu sebuah pertigaan yang menunjukkan arah pantai wedi ombo dan pantai indrayanti. Tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.

Dari pertigaan tadi perjalanan di lanjutkan menuju ke arah pantai indrayanti sejauh 15 km. Setelah sampai di pasar jepitu, ada pertigaan. Ambil arah kanan kira-kira 5 kilometer. Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung melanjutkan dengan jalan kaki menuruni puluhan anak tangga.

Jam Buka Pantai Wediombo

Pantai ini terbuka untuk aktivitas pengunjung 24 jam sehari, sepanjang minggu.

Tiket Pantai Wediombo

Untuk memasuki kawasan pantai indah di Yogyakarta ini, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000,-.

pesona Pantai Wediombo
pesona Pantai Wediombo

Fasilitas Pantai Wediombo

Fasilitas di Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, hampir sama dengan pantai-pantai lain di gunungkidul. Pantai wedi ombo sudah tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat. Untuk Beribadah umat muslim, pengelola pantai wedi ombo juga sudah menyediakan mushola kecil. Mushola dilengkapi dengan beberapa mukena dan sarung.

Untuk memanjakan perut para pengunjung, di sepanjang pantai tersedia warung makan. Warung-warung ini menyajikan beraneka menu dan masakan ikan laut. Makanan khas gunung kidul pun tersedia disana, seperti tiwul dan belalang goreng. Sayangnya di pantai wedi ombo belum tersedia penginapan, losmen, homestay, guesthouse ataupun hotel.

Bagi para wisatawan yang ingin menginap, bisa menginap di penginapan terdekat yaitu di pantai indrayanti. Atau jika ingin menikmati pengalaman yang berbeda bisa camping di pantai wediombo.

Berendam Di Kolam Alami Hingga Menikmati Keindahan Sunset Pantai Wedi Ombo. Ada hal yang menarik dan belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai indrayanti yaitu kolam alami. Bahklan terakhir tim piknik asik berkunjung ke pantai wedi ombo kami sama sekali tidak mengetahui keberadaan kolam ini, mungkin karena terlalu terburu-buru.. Kolam alami pantai wedi ombo sendiri terbentuk secara alami dari susuan batu karang yang membentuk sebuah kola alami dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kolam alami pantai wedi ombo ini adalah salahs atu alternatif jika par pengunjung ingin sekali mandi di air laut.

Baca:   Pantai Batu Bengkung, Ketika Alam Memamerkan Kecantikannya

Aktivitas Menarik di Pantai Wediombo

1. Renang di Kolam Alami

Ciri khas Pantai Wediombo adalah gugusan batu karang di beberapa titik sekitar pantai. Batu karang yang kokoh ini bentuknya unik-unik. Karena bentuk unik ini, bebatuan karang itu kerap dimanfaatkan pengunjung untuk foto-foto.

Seperti pantai selatan lainnya, ombak Pantai Wediombo memang sedikit galak. Tingginya hampir 3-4 meter. Melihat ganas ombak di pantai ini, aktivitas berenang atau bermain air di pantai tidak direkomendasikan.

Namun demikian, pengunjung tidak perlu kecewa. Di pantai ini ada semacam kolam alami tidak jauh dari Pantai Wediombo. Pengunjung dapat menceburkan diri di kolam alami ini. Kolam bisa dijadikan tempat menyegarkan diri tanpa khawatir terseret ombak.

Kolam renang alami ini terbentuk dari air laut yang menerjang masuk ke daratan dan terjebak di antara sekumpulan batu karang. DI kolam ini, pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan kecil. Di kolam ini ikan ikan kecil berseliweran, seperti ingin menemani pengunjung untuk berendam. Semua ikan tampak jelas, karena air kolam alami Pantai Wediombo ini jernih dengan warna hijau kebiruan.

2. Spot Camping

Biasanya orang melakukan camping di area pegunungan. Namun di Pantai Wediombo ini pengunjung bisa mendirikan tenda. Area pasir putihnya memang paling luas dibandingkan pantai lain di sekitarnya. Tak heran banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai area camping. Alasan pengunjung yang camping di pantai ini adalah untuk bisa menikmati pantai dalam waktu lebih lama. Sudah terdapat penyewaan tenda dengan tarif bervariasi.

Keadaan di pantai malam hari sepi pada umumnya. Cuma desiran ombak yang meramaikannya, ditambah cahaya bulan yang cukup terang yang membuat kesan romantis.

Lokais mendirikan tenda sudah ditentukan. Dekat dengan rindang pepohonan. Karena itu tenda akan berkelompok, walau peserta camping bukan 1 rombongan. Kondisi ini sengaja didesain demikian, untuk mempermudah pengawasan keamanan dan juga faktor keselamatan pengunjung.

Tempat mendirikan tenda, tempatnya lumayan aman. Di bawah pohon yang tidak terjamah oleh air pasang. Walaupun tanahnya tidak sangat datar, tapi cukup bisa untuk mendirikan tenda.

3. Spot Hunting Sunset

Tak hanya Keunikan berupa kolam dan pasir pantai, pantai Wediombo di Gunungkidul ini juga cocok dijadikan spot mengabadikan momen sunset. Hal ini karena kondisi geografis pantai yang menjorok  ke arah barat. Pantai Wediombo memiliki sunset yang lebih bagus dari pantai lain di gunung kidul, bukanlah klaim berlebihan.

Baca:   Wisata Pelabuhan Ratu; Berbagai Pantai Indah dan Mitos Yang Kental

Sunset spesial di pantai ini disebabkan struktur geografis pantai. Pantai-pantai lain di gunung kidul, umumnya menghadap ke selatan. Namun pantai Wediombo berbeda. Pantai ii menghadap lurus ke barat.

Bulan paling baik melihat sunset di pantai ini adalah pada bulan November hingga Mei. Pengunjung akan dapat  menyaksikan sang surya tenggelam secara horizontal. Sungguh sebuah pemandangan istimewa.

4. Spot Pancing

Bagi Pengunjung yang gemar memancing, Pantai Wediombo adalah tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas ini. Namun untuk memancing di Wediombo pengunjung harus memiliki mental yang kuat. Lokasi memancing terletak di ketinggian bukit karang dengan terjangan gelombang besar. Cukup menantang dan menguji nyali. Untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus berjalan ke arah timur menyusuri bibir pantai.

Meski harus menempuh berbagai rintangan, hasil memancing di Pantai Wediombo cukup memuaskan. Di kawasan ini para pemancing biasa mendapatkan ikan-ikan berukuran besar. Di area ini banyak terdapat ikan laut, seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut, bahkan ikan kakap batu yang beratnya bisa mencapai belasan kilogram. Ikan cucut, oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama ikan panjo.

Soal umpan para pemancing pun tak perlu khawatir. Cukup rentangkan jaring kecil di tepian pantai, bisa mendapatkan umpan berupa ikan teri.

Karena lokasinya yang menantang dan ikannya yang banyak, spot memancing Pantai Wediombo ini juga pernah dijadikan lokasi syuting acara memancing salah satu stasiun televisi di Indonesia.

Objek Wisata Dekat Pantai Wediombo

Setelah berwisata di pantai ini, dan merasa masih kekurangan petualangan pantai, pengunjung bsia melanjutkan ke pantai Timang. Pantai Timang jaraknya hanya 13 km di arah barat. Patai timang populer dengan karang besar tengah lautnya. Yang mana pantai itu sbai dicapai dengannaik gondola tradisional. Sebuah pengalaman yang tentu sayang untuk dilewatkan.

Di sebelah timur pantai Wediombo dalam jarak 2 km, terdapat pantai Greweng.  Pantai greweng terkenal dengan ada goa alam di area pantai. Bukan hanya hamparan pantai yang indah dengan perbukitan di sekelilingnya, Pantai Greweng memiliki sungai kecil yang airnya langsung dari mata air murni.

Sedemikian banyak hal yang bsia dinikmati di pantai indah ini. Karena itu, jika kebetulan ada di kota Keraton Jogja, sempatkanlah mampir ke Pantai wediombo. Pengunjung akan menemukan kepuasan dalam berlibur dan bersenang-senang.

Categories Wisata
Baca juga: