Pantai Krakal, Pantai di Gunung Kidul yang Indah

Pantai Krakal Gunung Kidul adalah salah satu pantai yang mesti dimasukkan dalam daftar kunjungan saat merencanakan berwisata pantai di Jogya.

Pantai Krakal sebenarnya pantai yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Jogja, di bandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Melalui penilaian sepintas saja, pantai ini memang dapat dikatakan sebagai pantai yang memiliki spot bagus dan pemandangan yang paling indah. Hanya saja promosi yang dilakukan tidak segencar pantai-pantai lain seperti pantai Sadranan, Indrayanti, Pantai Baron dll. Namun saat ini, perlahan lahan pantai Krakal sudah mulai banyak penggemar.

Pantai Krakal  memiliki dua bukit batu tinggi, sebagai pembatas dengan pantai lain. Kedua batu tersebut memiliki permukaan subur, hingga dapat ditumbuhi oleh bermacam tumbuhan. Di atas kedua karang besar tersebut wisatawan dapat menikmati panorama alam pantai dari ketinggian dengan mengunjungi gazebo yang telah disediakan oleh pengelola.

pantai krakal
pantai krakal

Pasir putih yang membentang sepanjang pantai, ombak yang berdatangan silih berganti, serta Air laut yang jernih adalah menu utama di pantai ini.

Di perairan dekat garis pantai terdapat batu-batu karang yang menjadi habitat bagi ikan hias karang yang berwarna warni. Salah satu ikan hias karang unik yang umum ditemukan disini adalah ikan Damselfish. Damselfish merupakan spesies ikan karang yang berwarna kuning dengan aksen biru sebagai warna khasnya.

bermain pasir di pantai krakal
bermain pasir di pantai krakal

Selain bermain pasir, wisatawan juga dapat berjalan jalan ke tengah laut melalui batu batu karang yang menyembul ke permukaan dan menjorok ke laut layaknya sebuah jembatan yang terbuat dari batu. Batu karang ini selain digunakan untuk berjalan jalan oleh wisatawan juga dijadikan tempat memancing oleh para nelayan.

Dengan garis pantainya yang panjang, akan sangat menyenangkan apabila dinikmati bersama teman perjalanan terkasih. Berjalan menyusuri garis pantai berduaan.  Garis pantai yang panjang dikelilingi oleh tebing tebing tinggi yang dipahat oleh alam, dilatari suara deburan ombak yang merdu menghadirkan suasana romantis nan syahdu. Pasirnya yang putih terasa simbol janji suci untuk kebersamaan. Sungguh suasana yang tepat untuk bersama teman perjalanan yang mengikat janji untuk saling mengasihi.

Ketika berkunjung ke Pantai Krakal, kita akan dapat menjumpai salah satu kuliner khas penduduk setempat, yaitu rempeyek yang sangat renyah dan gurih dan bahan dasar nya terbuat dari Umbal. Ikan jenis ini ditangkap bukan dengan pancing atau jaring. Tapi dengan cara menyelam di sela-sela bebatuan karang.

Lokasi Pantai Krakal Jogja

Sesuai namanya, wisata krakal beach merupakan pantai di kampung Krakal. Lokasi pantai Krakal di kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

Posisi pantai Krakal gunungkidul, sekitar 37 kilometer arah selatan kota Wonosari.

Rute Dan Cara Menuju Ke Pantai Krakal Gunung Kidul

Jalan menuju Pantai Krakal tergolong mudah dilalui, mengingat Pantai Krakal termasuk kawasan wisata Pantai Selatan yang menjadi fokus perhatian pemerintah DIY. Hal ini membuat kondisi fasilitas Jalan diperhatikan keberadaannya dengan baik.

Pantai ini masih satu jalur dengan wisata pantai Baron Jogja dan pantai Kukup. Kalau berangkat dari pusat kota Jogja, menuju pantai ini sekitar 2,5 jam perjalanan. Rute  yang harus di tempuh dari Jogja yaitu menuju Wono Sari, kemudian menuju Tanjungsari. Setiba di  tanjung sari, hanya memerlukan waktu 20-30 menit untuk jarak 13 km melalui jalan Baron, sampai kita bisa tiba di di Pantai Krakal.

Namun anda kita perlu terlalu memikirkan atau menghapalkan jalur ini, karena sudah ada papan penunjuk jalan menuju pantai dan kita tinggal mengikutinya saja.

wisata pantai krakal
wisata pantai krakal

Jam Buka Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Secara teknis, pantai bukanbersamaan dengan bukanya Loket masuk pantai, yaitu jam 8 pagi. Namun secara praktis pantai ini buka 24 jam. Hal ini karena adanya penginapan dan warung makan yang buka 24 jam di pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Krakal Jogja

Untuk berkunjung ke Pantai Krakal Jogja, kita hanya perlu membayar tiket masuk yang tidak mahal, yaitu hanya Rp. 10.000 / orang. Dengan harga yang ramah kantong ini, membuat tidak perlu berpikir panjang saat berniat untuk berkunjung beramai ramai bersama keluarga maupun kerabat.

Tiket senilai 10 ribu yang kita bayarkan itu, sudah meliputi juga tiket masuk ke pantai Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan Pantai Baron. Empat pantai wisata ini menggunakan 1 tiket bersama, karena keempat pantai ini berada dalam satu kawasan, sehingga semuanya dalam satu kawasan pengelolaan pantai Gunung Kidul.

Baca:   Rekomendasi Tempat Wisata di Berastagi Yang Bisa Di Kunjungi

Fasilitas Pantai Krakal Jogja

Pantai krakal tampaknya sudah dikelola dengan serius. Berbagai fasilitas mulai dari akses jalan hingga fasilitas umum, seperti parkir, toilet, mushola, dan gazebo tepi pantai. Semua fasilitas umum yang tersedia itu sudah standar untuk pelayanan wisata pantai. Selain fasilitas umum yang lengkap, fasilitas penginapan juga tersedia.

Wisatawan tidak perlu berpikir keras mencari cari penginapan seperti hotel ataupun homestay. Di sekitar pantai krakal gunungkidul ini. Tersedia banyak penginapan hotel. Harga yang di tawarkan hotel-hotel di pantai krakal Gunung Kidul bervariasi. Mulai dari paling murah 50 ribu di hari biasa, sampai yang termahal mencapai 500 ribu jika pada hari libur. Harga Sewa kamar mengikuti tipe penginapan, fasilitas kamar yang ditawarkan, dan kepadatan kunjungan.

Apabila pengunjung tidak kebagian penginapan di pantai Krakal akibat full booking, pengunjung dapat mencari penginapan di Pantai Sadranan. Kedua pantai ini hanya berjarak beberapa ratus meter saja.

Saat pengunjung memutuskan untuk menginap di Pantai krakal, pengunjung tidak usah mengkhawatirkan mengenai keperluan makan. Ada banyak warung makan yang melayani  24 jam. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, pengunjung disuguhkan berbagai kuliner seafood khas jogja yang tersedia di warung warung pinggir jalan. Hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Krakal

Jika memutuskan untuk menginap di pantai krakal, maka pengunjung akan medapat bonus pemandangan sunset yang luar biasa indah, layaknya pantai pantai selatan jawa lainnya.

Surfing di Pantai Krakal Gunung Kidul

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke pantai Krakal sengaja hanya untuk berselancar. Bahkan pada momen momen tertentu, juga banyak turis asing  yang meramaikan Pantai Krakal untuk berselancar.

Umumnya para peselancar ini menuju batu batuan karang sebagai langkah awal start. Dari bebatuan karang para peselancar menunggu moment ombak yang disebut “Reef Break”. Jenis ombak ini cukup ganas dan menantang. Namun untuk peselancar pemula sangat tidak disarankan untuk berselancar di ombak jenis ini.

Para peselancar harus sangat berhati-hati ketika berselancar di pantai ini, mengingat di dasar laut dipenuhi dengan bebatuan karang. Satu hal yang sangat disayangkan jika anda penggiat surfing, adalah tidak adanya fasilitas yang menyewakan papan surfing di pantai ini. Jadi pengunjung yang ingin surfing harus membawa papan sendiri.

Baca:   Pantai Balangan, Pantai Tersembunyi yang Tidak Lagi Kesepian

Sejarah Pantai Krakal Jogja

Pantai ini memperoleh bentuknya saat ini melalui proses alam yang panjang. Menurut ilmuan geologi, jutaan tahun lalu pantai ini berada di dasar laut. Kemudian karena terjadinya proses alam tektonik dan vulkanik, terjadilah pengangkatan kerak bumi. Selanjutnya dasar laut tersebut dapat sampai ke permukaan hingga akhirnya menjadi daratan.

Daratan yang terbentuk dari pengangkatan dasar laut itu kemudian muncullah pantai yang saat ini kita kenal dengan nama Pantai Krakal. Pantai ini menjadi pantai yang unik, karena banyaknya batu karang yang bertebaran di sekitar pantai, di mana dulunya pernah menjadi rumah bagi ikan-ikan di dasar laut.

Objek Wisata Dekat Pantai Krakal Jogja.

Seperti telah lazim diketahui, daerah gunung kidul memiliki sangat banyak pantai indah. Jadi jika kita belum puas dengan wisata pantai di Pantai Krakal, kita bisa melanjutkan ke Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan Pantai Baron. Keempat pantai ini berada dalam 1 jangkauan, bahkan tidak memerlukan tiket masuk lain. Artinya, dengan 1 tiket berlaku sekaligus untuk keempat pantai indah ini.

Selain objek pantai, bagi pencinta wisata alam, Goa Jomblang Semenu bisa jadi pilihan. Goa ini hanya berjarak 13,6 km dari Pantai Krakal Gunungkidul.

Tips Wisata Aman di Pantai Krakal Jogja

Agar liburan di Pantai Krakal tetap menyenangkan dan juga selamat, maka ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Saat ingin bermain di bebatuan karang pantai, maka sebaiknya siapkan sepatu khusus. Sepatu yang digunakan sebaiknya sepatu jenis bot dengan sol keras. Ini untuk menyesuaikan dengan  kondisi bebatuan karang yang terjal dan tajam.
  • Jika memutuskan untuk berselancar, pastikan kita tahu apa yang kita lakukan. Karena berselancar di Pantai Krakal ada resiko tambahan, yaitu bebatuan karang yang ada di dasar pantai. Kondisi ini memerlukan skill khusus yang berbeda dengan berselancar di pantai “bersih” macam di Pantai Kuta atau Pandawa bali.
  • Waspada terhadap beberapa hewan laut berbahaya, seperti ubur ubur dan landak laut.

Seperti itulah informasi lengkap seputar objek wisata pantai Krakal Gunung Kidul. Semoga bermanfaat dan perjalanan wisata anda penuh dengan kebahagian dan berkesan. Terimakasih.

Categories Wisata
Baca juga: