Pantai Batu Bengkung, Ketika Alam Memamerkan Kecantikannya

Pantai Batu Bengkung adalah salah satu lokasi wisata cantik di malang yang unik. Keunikan itu dengan adanya formasi batuan karang membentang membentuk barier alami. Batuan karang ini seakan sengaja diletakkan oleh tangan-tangan alam untuk melindungi hamparan pasir pantai, dari abrasi laut. Batuan karang memecah ombak besar di tepian pantai.

Hal unik lain adalah ketika air yang terbawa ombak terjebak dalam cekungan karang. Maka saat itu, cekungan batu karang menjadi kolam air asin alami. Kolam yang tersedia untuk digunakan berendam oleh para pengunjung.  Tak berlebihan jika ada yang berpikir, sepertinya alam sedang melayani pengunjung dengan menyediakan kolam air ini.

Di Pantai Batu Bengkung, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas. Mulai dari sekedar berjalan jalan, berfoto foto ria atau bahkan hanya bersantai di gubuk yang telah disediakan. Gubuk ini ideal untuk  tempat berteduh.

Bagi pengujung yang menyukai tantangan, dapat memanjat bukit batu bengkung. Berusaha mencari sudut pandang yang lebih luas untuk menikmati keindahan panorama alam di pantai ini.

pantai batu bengkung
pantai batu bengkung

Sejarah Nama Pantai Batu Bengkung

Penamaan pantai ini dengan Batu bengkung, berkaitan dengan bebatuan yang mengelilingi Pantai. Bebatuan tersebut berjajar rapi bagaikan benteng alam, yang memisahkan antara daratan dan area laut. Formasi batu alami ini menjadi pelindung yang kemudian membentuk kolam air yang alami.

Gugusan bebatuan ini berbentuk lengkunang yang jika dilihat mirip dengan wanita yang sedang dibengkung. DIbengkung itu artinya mengguankan semacam sabuk panjang. Sabuk ini biasa dipakai wanita yang habis melahirkan, untuk mengembalikan bentuk pinggangya kembali ramping. Dari sinilah datangnya nama Batu Bengkung.

Lokasi Pantai Batu Bengkung

Pantai indah ini terletak dia Jalan Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Gedangan, Gajahrejo, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur.

wisata pantai batu bengkung
wisata pantai batu bengkung

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Pantai ini terletak di pesisir Selatan pulau Jawa dan memiliki rute yang hampir sama dengan Pantai Bajul mati dan Pantai Goa Cina.

Jika datang dari kota Malang, ambillah arah ke Turen, lalu pergi ke Selatan ke arah Sumbermanjing Wetan dan terus sampai di pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Pantai Batu Bengkung berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Bajul Mati ke arah Barat.

Baca:   Pantai Krakal, Pantai di Gunung Kidul yang Indah

Dalam perjalanan, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dengan udara yang sejuk.

Pengunjung juga bisa mengambil rute alternatif yang melewati jalur ke Pantai Balekambang. Sebelum pantai Balekambang ada sebuah perempatan. Untuk ke Pantai Batu Bengkung, belok kiri. Melalui rute ini, lokasi Pantai terletak sebelum Pantai Bajul Mati. Rute ini bisa dibilang lebih efektif karena jalan yang lebih bagus dan juga lebih cepat.

Jam Buka Pantai Batu Bengkung

Pantai ini terbuka untuk publik sepanjang hari. 24 jam penuh.

Tiket Pantai Batu Bengkung

Untuk menikmati indahnya alam Pantai Batu Bengkung, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.7.500.

Jika membawa kendaraan pribadi, Pengunjung membayar parkir sebesar Rp.5.000 dan Rp.10.000 untuk parkir menginap.

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Ada sangat banyak anugerah tuhan berupa keindahan panorama yang terhampar di pantai ini. Namun untuk sedikit menggambarkan kepada anda, nativeindonesia.com mencoba menceritakan sebagian diantaranya.

keunikan pantai batu bengkung
keunikan pantai batu bengkung

Hamparan Pasir Putih

Pantai Batu Bengkung ini cocok untuk berenang dan bermain pasir di bibir pantai. Hal ini terutama ditunjang oleh pasir di pantai ini putih bersih dan halus. Pantai Batu Bengkung memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas. Di atas hamparan pasir ini, pengunjung bisa sekedar duduk santai sambil menikmati angin pantai yang segar.

Saat musim liburan, banyak pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di atas pasir Pantai Batu Bengkung.

Tebing Karang

Untuk bisa sampai di bukit Batu Bengkung yang indah, pengunjung harus tempuh perjalanan dengan memanjat. Sama halnya dengan kebanyakan perjalanan menuju Puncak Bukit, pengunjung mesti melewati tanjakan selangkah demi selangkah.

Pada awal perjalanan, pengunjung sebaiknya mengambil jalur sebelah barat Bukit Batu Bengkung. Melalui jalur ini panorama yang begitu indah tersaji dengan apik. Di jalur ini antara jalan setapak dengan bibir karang tidak ada pembatasnya. Untuk itu  diperlukan kehati-hatian tinggi saat melewatinya. Walau tidak pernah terjadi, resiko terpeleset tetap harus diperhitungkan.

Sebagai tindakan antisipasi, pengunjung dapat menggunakan tali tampar yang disediakan oleh pengelola. Setelah sampai puncak, semua kelelahan mendaki terbayar lunas.

Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan lautan lepas yang lengkap dengan deburan ombak dengan tinggi himgga 4 meter. Tak hanya itu, bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset.

Berendam Kolam Alami

Pantai Batu Bengkung juga cocok digunakan untuk aktifitas bermain air, walau tidak bisa berenang.

Baca:   Wisata Pelabuhan Ratu; Berbagai Pantai Indah dan Mitos Yang Kental

Pengunjung yang tidak bisa renang, bisa berenang di Pantai Batu Bengkung asalkan waktunya tepat. Ada kalanya Ombak besar dipecah oleh barikade karang yang membentang sepanjang pantai. Air laut yang melewati formasi batu karang melengkung itu akan terjebak di cekungan. Genangan air laut inilah yang membentuk kolam renang air asin alami.

Kolam air asin temporer ini sedalam sekitar 1,5 meter.  Air kolam tersebut sangat bersih dan jernih, bebas dari sampah dengan warna air beraksen hijau toska. Dengan adanya kolam alami ini pengujung terbebas dan relatif aman dari risiko terseret ombak. Namun sayang, kolam renang alami ini lama-kelamaan akan menghilang saat air laut surut.

Sunset

Pantai yang berlokasi di desa Gajahrejo ini terkenal akan keindahan yang disuguhkan saat matahari tenggelam. Sunsetnya dijamin akan membuatmu terpukau dibanding sejumlah pantai lain di Malang.

Struktur geografi pantai yang menghadap ke barat, membuat pantai karang bengkung menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset. Ketika senja tiba, terutama saat cuaca cerah, pengunjung dapat melihat keindahan matahari terbenam dari pinggir pantai.

Untuk memaksimalkan keindahan panorama sunset, pengunjung dapat mencoba menikmati sunset dari atas bukit karang. Baik itu bukit kanan maupun bukit kiri.

Camping

Pantai Batu Bengkung memiliki keindahan di sore dan juga pagi hari. Oleh sebab itu banyak para wisatawan yang memutuskan untuk berkemah di sekitar pantai tersebut.

Pilihan paling mudah untuk berkemah, tentu mendirikan tenda di atas hamparan pasir. Pengunjung dapat tidur dengan beralaskan pasir pantai yang tetap hangat di malam hari. Pagi hari, saat bangun tidur, pengunjung akan disambut dengan pemandangan laut yang luar biasa. Sebuah kondisi yang sungguh sebuah relaksasi yang diperlukan oleh tubuh dan jiwa. Sebuah peristirahatan, setelah sepanjang tahun  berkejar-kejaran dengan target dan waktu serta digencet rutinitas.

Banyak juga pengunjung yang memilih sedikit tantangan. Mereka memutuskan untuk camping, mendirikan tenda di atas bukit karang Pantai Batu Bengkung. Pesona pagi hari yang menawan akan menyambut pengunjung yang camping di wisata Pantai Malang ini.

Bukit yang banyak dipilih untuk lokasi camping adalah bukit sebelah barat daya. Bukit ini dapat diakses dengan mudah kalau laut sedang surut. Pengunjung bisa berfoto di atas bukit bersama latar biru air laut yang tampak magis dan indah dari atas ketinggian.

Baca:   Curug Cilember, Tempatnya Para Petualang Berkumpul

Memancing

Tak jauh dari pantai Batu Bengkung, terdapat bukit yang dikenal dengan nama bukit Watu Lepek. Tak jauh dari bukit, terdapat pantai yang dikelilingi dengan banyak batu karang. D pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang menjorok ke arah laut. Bentuk batu karang yang menjorok inilah yang kemudian membuat pantai ini juga dikunjungi oleh para pecinta memancing.

Lokasi mancing di Pantai Batu Bengkung memang spot memancing. Sebab di sana dikenal dengan potensi ikan kakap merah. Karena itu banyak pemancing kesana meski harus naik tebing dulu dan turun dengan tali tampar.

Dari atas karang besar ini, penghobi pancing bisa menikmati pantai biru sambil menunggu ikan melahap umpan. Suasana seperti ini tentu saja cuman bisa kamu dapatkan di pantai ini.

 Tips Mengunjungi Pantai Batu Bengkung

Berikut beberapa tips kecil yang sebaiknya diperhatikan. Memperhatikan hal berikut dapat memaksimalkan sensasi saat berwisata di pantai ini.

  • Waktu terbaik adalah di hari biasa di sore hari. Saat itu kita bisa melihat indah sunset tanpa terlalu banyak gangguan dari keramaian pengunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor, terutama jika kamu ingin mendaki di bukit sebelah pantai
  • Tempat wisata ini juga bisa menjadi alternatif camping seru di Malang.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam di pantai ini

Objek Wisata Dekat Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Bajul Mati ke arah Barat. Pantai Bajul Mati merupakan pantai unik yang di pantainya terdapat batu karang panjang. Batu karang panjang ini yang bentuknya menyerupai seekor buaya, atau Bajul. Dalam cerita masyarakat lokal, Ketika malam hari dan disapu ombak batu tersebut bergerak gerak bagaikan seekor buaya yang hidup.

7 km di arah timur pantai Batu Bengkung terdapat pantai Goa Cina. Sebuah pantai yang asri dengan barisan  pohon-pohon berbagai jenis berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi di bibir pantai yang cukup jernih sehingga terlihat batu karangnya. Sekitar 50 meter dari pantai, terdapat goa, yang diberi nama Goa Cina.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan mengenai Pantai Batu Bengkung. Selamat liburan dan dapatkan banyak pengalaman spesial hanya di Pantai Batu Bengkung Malang.

Categories Wisata
Baca juga: