Pantai Balangan, Pantai Tersembunyi yang Tidak Lagi Kesepian

Pantai Balangan merupakan salah satu pantai pasir putih yang terkenal di pulau Dewata Bali. Pantai ini menawarkan bentang pantai sepanjang 500 meter dengan diapit batu karang tinggi. Karena letak pantai yang menghadap ke barat laut, pada sore hari pemandangan sunset di pantai ini terlihat sangat indah.

Dari pantai ini, pergerakan pesawat take of dan landing terlihat dengan jelas. Atraksi lain adalah bongkar muat hasil tangkapan ikan di pantai Kedonganan. Selain itu, jika pengunjung berdiri di atas tebing Pantai Balangan, pengunjung juga dapat melihat keindahan pantai Dreamland.

pantai balangan
pantai balangan Image via: @rubenhutabarat

Selain pesona keindahan pantai yang masih alami, Balangan beach menjadi lokasi favorit para peselancar kelas dunia. Kegiatan selancar didukung dengan ombak yang tinggi, panjang, dan besar. Pantai ini sangat cocok bagi para peselancar yang menyukai tantangan. Namun demikian Peselancar pemula tidak disarankan mencoba ombak pantai ini. Para peselancar sangat betah berada di pantai, dari pagi hingga sore hari, menaklukkan ombak dengan papan surfing. Untuk peselancar asing, pantai ini kebanyakan dikunjungi oleh surfer asal Australia yang sudah sering datang ke Bali.

Lokasi Pantai Balangan

Alamat pantai ini berada di jalan pantai Balangan, masuk dalam wilayah Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Rute Menuju Pantai Balangan

Untuk menuju ke Pantai Balangan, bisa melalui bundaran Jalan By Pass Ngurah Rai. Pilih jalan menuju ke selatan setelah mencapai bundaran. Ikuti terus jalan tersebut hingga mencapai pertigaan yang terdapat KFC, Mc Donald’s, dan Pizza Hut.

Pilih jalan lurus dengan melewati bundaran tersebut menuju ke Jalan Wanagiri. Setelah itu, akan ditemukan pertigaan, maka belok ke kiri menuju ke Jalan Karang Mas. Setelah menemukan pertigaan lainnya ditandai dengan adanya Summerfield Executive Residence Bali dan Kafe Kul Kul yang letaknya berseberangan. Belok kiri menuju ke Jalan Jepun.

Kemudian pada pertigaan ketiga, belok ke kanan menuju ke Jalan Goa Peteng. Pada pertigaan keenam di Jalan Goa Peteng, arahkan kendaraan ke kiri. Ikuti jalan Boulevard hingga dapat melihat adanya Villa Seratus. Belok ke kanan, maka akan terlihat adanya Balangan Inn di sebelah kiri Anda.

Baca:   Pantai Wediombo, Pantai Menawan dengan Kolam Alami

Kini Pengunjung sudah berada di jalur utama menuju ke Pantai Balangan. Setelah bertemu dengan pintu masuk ke Pantai, parkirkan kendaraan di area parkir sekitar situ.

wisata pantai balangan
wisata pantai balangan Image via: @thepalmtribe

Jam Buka Pantai Balangan

Seperti umumnya pantai wisata di Bali, pantai balangan terbuka 24 jam untuk kunjungan wisatawan.

Tiket Pantai Balangan

Seperti kebanyakan pantai publik di pulau dewata. Wisata pantai balangan juga tidak memungut biaya kepada wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam di bibir pantai ini.

Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana untuk tiket parkir. Biaya parkir  di Pantai Balangan adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Daya Tarik Pantai Balangan

  1. Surfing

Balangan beach Surfer
Balangan beach Surfer Image via: blog.airpaz.com

Berenang dan surfing nampaknya merupakan aktifitas yang menjadi daya tarik utama di Pantai Balangan. Pantai ini terletak di bagian selatan pulau Bali. Hal ini menyebabkan ombak pantai ini tergolong besar.

Surfer harus selalu waspada terhadap setiap ombak yang datang. Selain itu, persoalan lain adalah tidak ada penjaga pantai yang bertugas di pantai ini. Ini berbeda dengan pantai wisata yang sudah lebih dulu populer, semisal di Pantai Kuta.

Pantai balangan memiliki ombak yang sempurna untuk berselancar. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini populer di kalangan peselancar. Bahkan Pantai ini juga acap kali menjadi tuan rumah untuk perlombaan olahraga selancar air kelas dunia.

Untuk pengunjung yang belum bisa surfing, selain hanya menonton, juga bisa belajar berselancar atau belajar surfing di Pantai  ini. Ada sekolah untuk peselancar pemula disini. Kursus berselancar di Pantai berlangsung singkat, jadi tak akan menyita banyak waktu. Namun demikian untuk peselancar pemula sebaiknya praktik mandiri di pantai kuta saja dulu. Nanti kalau sudah mahir, baru mencoba skil di pantai balangan.

  1. Sunset

sunset pantai balangan
sunset pantai balangan Image via: balichandra.com

Buat pengunjung yang menyukai sunset yang epik, Pantai Bali satu ini adalah salah satu tempat menikmati sunset. Dibandingkan dengan pantai lain di Bali, Balangan merupakan salah satu tempat yang paling indah untuk menikmati matahari terbenam.

Spot terbaik untuk menikmati sunset, ada di atas tebing tinggi pantai. Dari sini, laut terlihat berwarna oranye karena terkena pantulan dari matahari yang mulai terbenam. Jangan lupa membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan momen spesial di Pantai Balangan.

Pantai ini memiliki panorama sunset yang lebih indah dibandingkan pantai lain di bali, karena faktor geografis. Pantai ini tepat menghadap ke barat. Walau pantai lain ada yang juga menghadap ke barat, seperti misalnya pantai kuta, namun masih sedikitnya bangunan di pantai Balangan membuat sunset jadi terasa lebih alami.

Baca:   Wisata Pelabuhan Ratu; Berbagai Pantai Indah dan Mitos Yang Kental

Pemandangan di Pantai ini saat siang menjelang sore sangat indah. Suasana menjelang sunset tampak eksotis dan romantis. Apalagi ditambah dengan semilir angin yang sejuk dan debur suara ombak. Selain itu kamu juga bisa bermain pasir di bibir pantai karena pasir di Pantai sangat bersih. Banyak yang bilang bahwa Pantai Balangan adalah Hawai di Indonesia.

Bayak kursi panjang berjejer di Pantai dan juga disertai barisan payung pantai. Fasilitas itu banyak digunakan pengunjung untuk menanti dan menikmati datang nya sunset. Fasillitas itu memang disediakan untuk disewa oleh pengunjung.

  1. Lokasi Foto Instagramable

Pantai Balangan juga menjadi tempat favorit bagi pecinta fotografi. Banyak pula yang yang melakukan foto untuk prewedding di Pantai. Setiap hari pasti ada yang yang datang untuk mengambil foto disini.

Pasir yang berwarna putih dan belum terjamah oleh para pengunjung. Pantai dengan latar belakang bukit yang berwarna hijau. Semua karakteristik alam ini membuat Pantai Balangan menjadi tempat yang pas untuk berfoto

Pantai ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Pantai ini termasuk ke dalam Pantai yang sering dijadikan lokasi foto prewedding. Lokasi ini sangat strategis dijadikan tempat berfoto, karena masih jarang dikunjungi oleh turis, sehingga lebih leluasa untuk mengambil gambar.

Tak hanya itu, alasan lainnya adalah pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan, terutama saat senja hari. Saat sunset tiba dan langit berubah warna menjadi kemerahan. Hal itu akan menambah keunikan dari foto prewedding yang diambil.

  1. Kuliner

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Balangan adalah lokasinya yang tersembunyi dan cukup jauh dari keramaian. Meskipun begitu, fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup lengkap. Di sepanjang bibir pantai, kamu bisa menemukan berbagai kafe yang menyediakan berbagai menu untuk mengganjal perut yang lapar saat menikmati pantai.

Sebagian besar, kafe di Pantai Balangan menyediakan kursi bersantai untuk para pengunjung menikmati menu makanan dan minuman. Jajaran kursi-kursi yang rapi dan penuh warna, membuat pemandangan Pantai menjadi semakin eksotis saat di foto.

Baca:   Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi, Pesona di Balik Hutan Lindung di Malang

Di tempat ini menjual variasi seafood seperti udang dan ikan panggang. Jika ingin menyantap makanan di tempat ini dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 45.000 sampai Rp. 80.000.

  1. Aktivitas Bandara

Lokasi pantai Balangan tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, hanya 14 km. Kondisi ini menyebabkan dari pantai ini pengunjung masih bisa melihat pemandangan bandara. Dari kejauhan, bandara tampak indah dengan deretan lampunya yang cantik pada malam hari.

Aktifitas pesawat landing dan take of pun dapat terlihat dengan jelas dari pantai ini. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik Pantai ini.

Keunikan lainnya yang ada di Pantai ini adalah adanya karang besar yang mengapit Pantai ini. Dari atas batu karang tersebut, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang spektakuler. Selain itu Pantai ini cukup tersembunyi, sehingga masih jauh dari keramaian dan dapat dengan sangat puas berfoto.

Waktu Terbaik Untuk Aktivitas Wisata Pantai Balangan

Untuk memaksimalkan keindahan yang diperoleh, berikut kami berikan panduan waktu-waktu yang cocok untuk mnegunjungi pantai. Waktu berkunjung disesuaikan dengan jenis kegiatan yang ingin dilakukan di pantai ini.

  • Pagi hari sampai siang hari adalah waktu terbaik untuk bersantai di bawah pohon kelapa atau di gazebo yang ada. Jangan lupa membawa buku dan membeli kelapa muda, agar waktu bersantai terasa lebih lengkap.
  • Siang hari sampai sore hari adalah waktu terbaik untuk surfing. Ingat! Dasar Pantai Balangan adalah karang, pastikan memakai pelindung kaki khusus surfing agar terlindungi dari karang yang tajam.
  • Waktu air laut surut adalah waktu terbaik jika ingin berenang di Pantai Balangan Beach Bali, dan kondisi surut lebih sering terjadi pada waktu sore hari.

Objek Wisata Dekat Pantai Balangan

Lokasi Pantai Balangan juga berdekatan dengan pantai lain yang juga memiliki pasir putih. Pantai-pantai tersebut diantaranya Pantai Bingin, Pantai Suluban Uluwatu, dan Pantai Padang-Padang.

Pantai-pantai dekat Pantai Balangan juga ada yang memiliki fasilitas aktifitas wisata air. Misalnya pantai Tanjung Benoa yang memiliki fasilitas jet ski, parasailing, dan ocean walker.

Semua kelebihan pantai Balangan seperti yang kami ceritakan di atas itu, membuat pantai ini wajib masuk dalam daftar kunjungan saat berwisata di bali. Jadi pastikan anda berkunjung ke sini di saat berwisata di Pulau Dewata Bali.

Categories Wisata
Baca juga: