10 Manajer Investasi Reksadana Terbaik Di Indonesia

Cermat memilih manajer investasi adalah suatu keharusan jika Anda ingin melakukan investasi reksadana. Oleh sebab itu, berikut ini ada ulasan singkat mengenai 10 manajer investasi reksadana terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Penyebab utama Anda harus cermat dalam memilih manajer investasi tentu saja disebabkan karena pihak manajer investasi itulah yang nantinya akan mengelola dana investasi Anda.

Tugas Manajer Investasi Reksadana

Pada dasarnya, tugas manajer investasi adalah mengelola aset yang dimiliki oleh seorang investor, dalam hal ini termasuk reksadana.  Seperti diketahui, bahwa reksadana itu sendiri adalah dana yang dikumpulkan oleh berbagai investor yang mana nantinya dana tersebut akan dikelola secara bersama dalam bentuk portofolio investasi.

Setelah terbentuk dalam sebuah portofolio investasi, lalu pihak manajer investasi akan mengelola dana tersebut dengan cara menentukan saham, surat berharga atau obligasi yang seperti apa yang akan dibeli, kapan waktu yang tepat untuk menjual atau melepas saham dan obligasi, berapa besar dana yang harus disimpan secara tunai dan lain sebagainya.

Maka dari itu, intinya Anda sebagai investor akan menyerahkan secara sepenuhnya aset investasi milik Anda itu kepada manajer investasi untuk dikelola. Karena ini juga keuntungan atau kerugian yang bisa terjadi saat Anda berinvestasi reksadana sangat dipengaruhi oleh kemahiran manajer investasi dalam mengelola portofolio investasi miliki para investor.

manajer-investasi-reksadana-terbaik

10 Manajer Investasi Reksadana Terbaik

1. Schroders Investment Management Indonesia

Schroders dikenal sebagai salah satu manajer investasi reksadana terbaik yang ada di Indonesia, meskipun pusat Schroders ini berlokasi di Inggris, namun dana kelolaannya di Indonesia sangat besar dengan total mencapai 88 triliun Rupiah.

Beberapa produk Schroders bahkan sering mendapatkan penghargaan, diantaranya seperti: Schroders dana prestasi plus yang sejak dirilis tercatat telah menghasilkan untung senilai 24% per tahunnya.

Baca:   Tips Investasi Properti Apartemen Agar Memperoleh Keuntungan Maksimal

Schroders dana prestasi yang sejak dirilis tercatat telah menghasilkan untung senilai 20% per tahun dan Schroders dana mantap plus II yang sejak dirilis tercatat telah menghasilkan untung 20% per tahun.

2. Mandiri Manajemen Investasi

Mandiri manajemen investasi merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Bank Mandiri, jadi tentunya kredibilitas dan kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Produk investasi reksadana yang ditawarkan oleh Mandiri investasi ini juga sangat beraneka ragam jenisnya, tercatat mencapai 183 produk reksadana.

Diantara sekian banyak jenis produk investasi oleh Mandiri Investasi setidaknya ada 4 produk yang paling banyak peminatnya, yaitu, Mandiri investa pasar uang, Mandiri saham atraktif, Mandiri pasar uang syariah, dan Mandiri investa atraktif syariah.

3. BNP Paribas

Meskipun manajer investasi ini berasal dari Prancis, namun total dana kelolaannya di Indonesia mencapai puluhan triliun Rupiah. Jadi, tidak mengherankan jika BNP Paribas termasuk dalam manajer investasi reksadana terbaik di Indonesia.

Jika Anda termasuk orang yang ingin menanam investasi dengan harapan mendapatkan untung lebih besar namun sekaligus juga siap menanggung resiko yang besar, BNP Paribas ini cocok untuk Anda, sebab produk-produk investasi yang ditawarkan oleh manajer investasi ini spesifik ke sektor tertentu saja, contohnya seperti infrastruktur.

4. Bahana TCW Investment Management

Manajer investasi ini merupakan perusahaan patungan antara PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dengan perusahaan manajer investasi asal Los Angeles, Amerika Serikat bernama Trust Company of The West (TCW).

Produk-produk investasi reksadana yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga terdiri dari banyak jenis, mulai dari reksadana saham, pasar uang, pendapatan tetap, campuran, terproteksi dan lainnya, total ada sekitar 164 produk reksadana yang ditawarkan oleh manajer investasi ini.

Baca:   Cara Investasi Sukuk Syariah, Prosedur dan Mekanismenya

5.  Manulife Asset Management Indonesia

Manajer investasi ini merupakan salah satu bagian usaha dari sebuah perusahaan asuransi asal Kanada. Beberapa tahun terakhir ini, kinerja dari manajer investasi ini termasuk bagus dan konsisten, bisa dilihat dari total dana pengelolaannya yang mencapai 32 triliun Rupiah.

Beberapa produk investasi reksadana dari Manulife Asset Management Indonesia yang cukup terkenal diantaranya seperti Manulife dana saham, Manulife syariah sektoral amanah, dan Manulife dana kas II. Untuk semakin mempermudah calon investor, salah satu manajer investasi reksadana terbaik ini juga menyediakan situs transaksi online investasi reksadana yang diberi nama klikMAMI.

Hanya dengan mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs tersebut, Anda bisa memiliki rekening investasi dan setelah resmi terdaftar tentunya Anda bisa langsung mulai bertransaksi.

6. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Perusahaan manajemen investasi ini mengelola dana investor dengan total hingga puluhan triliun Rupiah. Salah satu produk investasi reksadana yang paling populer dari Batavia Prosperindo Aset Manajemen adalah Batavia dana saham yang total dana kelolaannya mencapai 3, 89 triliun Rupiah.

Setidaknya ada 172 jenis produk reksadana yang ditawarkan, mulai dari produk reksadana saham, pasar uang, indeks & ETF, reksadana terproteksi, reksadana campuran dan penyertaan terbatas.

7. Succorinvest Asset Management

Beberapa produk investasi reksadana dari perusahaan manajemen investasi ini, tahun lalu meraih penghargaan dari Majalah Investor.

Diantaranya seperti Sucorinvest equity fund yang dinobatkan sebagai produk reksadana saham terbaik dengan total dana kelolaan mencapai 1 triliun, Sucorinvest flexi fund sebagai produk reksadana campuran terbaik, dan Sucorinvest money market fund sebagai produk reksadana pasar uang terbaik.

Baca:   Mengapa Harus Berinvestasi di Pasar Modal? Simak Kelebihan dan Prospeknya

Selain itu, tercatat pula bahwa Sucorinvest Asset Management juga dinobatkan sebagai manajer investasi favorit.

8. Narada Kapital Indonesia

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh bareksa, Narada Kapital Indonesia merupakan salah satu manajer investasi reksadana terbaik sebab kinerja yang dilakukan oleh perusahaan ini terbilang memuaskan para investor.

Meskipun, dana yang dikelola manajer investasi ini baru mencapai Rp. 200 miliar – Rp. 1 triliun, namun dalam tiga tahun terakhir ini, reksadana dari Narada Saham Indonesia tercatat mampu memberikan hasil yang cukup besar.

9. Sinarmas Asset Management

Perusahaan manajemen investasi ini juga termasuk banjir penghargaan dari Majalah Investor, setidaknya ada 6 produk reksadana dari Sinarmas Asset Management yang berhasil menyabet penghargaan sebagai produk reksadana terbaik.

Bahkan produk reksadana danamas dollar berhasil membawa 3 penghargaan sekaligus, sebagai reksa dana pendapatan tetap dollar terbaik untuk periode 1, 3 serta 5 tahun.

Tentu saja, dengan beragam penghargaan yang didapatkan oleh manajer investasi ini akan bisa membuat calon investor semakin tertarik untuk berinvestasi di Sinarmas Asset Management.

10. Nikko Sekuritas Indonesia

Nikko Sekuritas Indonesia juga merupakan salah perusahaan manajemen investasi reksadana yang layak untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika Anda ingin berinvestasi dengan cara investasi reksadana.

Hal tersebut disebabkan karena kinerja perusahaan ini juga sudah terbukti kualitasnya, yang dapat dilihat dari beberapa produknya yang mendapat penghargaan, diantaranya seperti Nikko Indonesia balanced fund, Nikko Indonesia bond fund, dan juga Nikko Indonesia money market fund.

Semoga informasi Manajer investasi Reksadana terbaik di Indonesia ini bisa membantu anda!

Simak juga artikel berikut ini:

Leave a Comment