Tips Investasi Properti Apartemen Agar Memperoleh Keuntungan Maksimal

Investasi properti saat ini hadir melalui berbagai bentuk. Salah satu investasi properti yang cukup terkenal adalah investasi properti apartemen. Banyak yang sudah membuktikan jika investasi yang satu ini dapat memberikan keuntungan. Namun, bagi yang awam di investasi ini sebaiknya simak tips investasi properti apartemen berikut ini agar memperoleh hasil yang maksimal.

Ada beberapa tips yang akan dibahas di sini terkait dengan investasi untuk properti apartemen. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips-tips apa saja yang dapat dilakukan, sebaiknya disimak dulu kelebihan dari investasi apartemen ini.

Tips-Investasi-Properti-Apartemen-di-Perkotaan-2

 

Kelebihan Melakukan Investasi Properti Apartemen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya di sini akan dibahas lebih dahulu mengenai kelebihan dari investasi properti apartemen. Tentu saja pemilihan investasi properti apartemen oleh banyak pihak ini tidak hadir tanpa alasan, melainkan karena ia dianggap memiliki kelebihan dibanding investasi properti lainnya.

Kelebihan apa saja yang dimiliki oleh investasi properti yang satu ini?

1. Harga Jual yang Terus Merangkak Naik

Harus diakui jika kemudian properti menjadi salah satu investasi yang menguntungkan karena tren harga  yang dimilikinya terus naik. Hal ini juga berlaku untuk investasi properti apartemen. Kenaikan rata-rata yang dimiliki oleh properti apartemen ini ada di kisaran angka 5 sampai 10 persen untuk setiap tahunnya.

Ini dibuktikan dengan adanya salah satu apartemen yang saat launchingnya di 2017 memiliki harga di kisaran 270 juta. Namun, saat tahun 2018 harganya merangkak naik menjadi 318 juta. Ini tentu menjadi salah satu alasan yang cukup menguntungkan bagi yang memiliki apartemen.

2. Adanya Tren Tinggal di Apartemen

Saat ini tinggal di apartemen menjadi salah satu gaya hidup baru bagi masyarakat urban. Ini karena apartemen dianggap mampu untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan yang diperlukan penghuninya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hadirnya beragam fasilitas yang dimiliki oleh sebuah apartemen.

Baca:   Cara Investasi Sukuk Syariah, Prosedur dan Mekanismenya

Lebih lanjut lagi apartemen umumnya juga hadir di tengah kota maupun pusat bisnis. Kemudahan akses menjadi salah satu hal yang tentunya juga diperoleh penghuni apartemen. Tak heran jika kemudian ini dapat berkembang menjadi investasi yang menjanjikan nantinya.

3. Mudah Disewakan

Harga sewa apartemen sebenarnya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa rumah. Apalagi dengan beragam fasilitas yang dimiliki oleh apartemen tersebut. Tak heran jika kemudian banyak yang tertarik untuk menyewa apartemen.

Banyaknya permintaan persewaan apartemen ini tentu akan menguntungkan bagi investor yang memiliki apartemen. Jadi selama tidak digunakan apartemen yang dimilikinya pun dapat disewakan. Jika tak ingin disewakan secara bulanan, mungkin dapat juga menggunakan opsi persewaan harian seperti yang banyak ditemui saat ini.

Tips-tips Investasi Properti Apartemen

Kalau tadi sudah dibahas habis mengenai kelebihan yang dimiliki dari investasi apartemen sekarang saatnya membahas tips investasi properti apartemen. Ada beberapa tips yang perlu disimak bagi yang ingin investasi properti apartemennya menghasilkan keuntungan maksimal. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Memilih Developer Terpercaya

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk terjun dalam investasi apartemen adalah memilih developer yang terpercaya. Pastikan jika pengembang yang menangani apartemen yang akan dibeli tersebut adalah pengembang terpercaya.

Bahkan tak ada salahnya untuk mulai menggali profil dari pengembang tersebut. Buktikan juga jika track record yang dimiliki oleh pengembang tersebut baik. Ini utamanya berlaku untuk yang ingin membeli apartemen yang belum jadi.

Kredibilitas pengembang di sini harus dipastikan. Pasalnya ada banyak kasus pengembang yang tidak terpercaya dan justru tidak mewujudkan komitmennya untuk membangun apartemen yang sudah dibeli tersebut.

Baca:   Jenis Investasi Asuransi Yang Menguntungkan Untuk Anda

2. Pahami Lokasi yang Menguntungkan

Kita tentu banyak mengetahui jika bisnis properti banyak berhubungan dengan lokasi. Semakin strategis lokasi properti tersebut maka harganya pun semakin melambung tinggi. Untuk itulah pihak yang akan membeli apartemen harus memastikan lokasi apartemen yang dipilih cukup strategis.

Adanya lokasi yang strategis ini turut serta membantu untuk semakin meningkatkan nilai jual apartemen tersebut. Tentu saja nilai jual apartemen yang ada di sektor bisnis akan berbeda dengan nilai jual apartemen yang ada di pinggiran.

Tidak hanya nilai jualnya yang berpengaruh. Di sini juga adanya perbedaan sewa yang bahkan cukup signifikan yang terkait dengan nilai lokasi tersebut.

3. Pastikan Fasilitas Apartemen

Tips investasi properti apartemen yang selanjutnya adalah memperhatikan fasilitas dari apartemen tersebut. Di sini pihak pembeli harus memastikan jika apartemen tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni. Hal ini lebih lanjut akan berpengaruh terhadap harga jual apartemen tersebut nantinya.

Di sisi lain kalau nantinya akan disewakan, tentu penyewa akan lebih memilih apartemen yang memiliki fasilitas lengkap. Tentunya harga sewa apartemen dengan fasilitas lengkap akan berbeda dengan harga sewa apartemen yang fasilitasnya kurang lengkap.

Fasilitas umum yang biasanya dicari pengguna antara lain adalah sistem keamanan yang baik, lift, internet atau Wifi, hingga fasilitas olahraga. Selain itu jangan lupakan juga area parkir yang ada di dalam apartemen tersebut.

4. Waktu Pembelian

Selain memahami tentang lokasi, developer dan juga fasilitas yang harus diperhatikan lagi adalah waktu pembelian. Pastikan jika waktu pembelian yang dipilih adalah waktu yang tepat dan menguntungkan. Misalkan saja saat sedang berlangsung promo untuk apartemen tersebut.

Baca:   10 Manajer Investasi Reksadana Terbaik Di Indonesia

Sebenarnya harus kita sadari bahwa harga apartemen akan terus naik dari hari ke hari. Untuk itu semakin cepat memilih apartemen dan melakukan pembelian maka otomatis biaya yang akan dikeluarkan untuk pembelian akan semakin ditekan.

Namun, di sini yang harus diperhatikan adalah meskipun pembelian apartemen harus dilakukan sesegera mungkin tapi jangan sampai asal memilih apartemen. Berbagai hal di atas juga turut dipertimbangkan dengan baik. Ini supaya nantinya investasi properti ini tidak mengalami kerugian.

Selain itu jangan sampai terjebak dengan harga semu yang biasa dilakukan sebagai gimmick. Maksud dari harga semu adalah fenomena harga yang akan naik dalam beberapa hari. Ini sebenarnya kenaikan harga subjektif yang dilakukan pengembang dan bukan berdasarkan harga pasar.

5. Memahami Segmen Pasar

Tips investasi properti apartemen untuk memperoleh keuntungan maksimal yang berikutnya adalah dengan memahami segmen pasar yang hadir untuk properti apartemen tersebut. Ini utamanya berlaku untuk yang akan menyewakan apartemen yang dimilikinya/

Misalkan saja untuk yang memiliki apartemen di lingkungan perkantoran. Pihak pemilik apartemen harus pandai untuk mengetahui berapa kira-kira harga sewa yang cocok untuk dibebankan pada apartemen tersebut. Tentunya dengan melihat besar ‘kantong’ karyawan di kantor tersebut.

Jangan sampai harga yang dibanderol terlalu mahal dan tidak pas dengan daya beli dari calon-calon penyewa yang ada di sekitar apartemen tersebut. Ini nantinya tentu akan berpengaruh terhadap investasi yang dilakukan.

Itulah beberapa tips investasi properti apartemen yang dapat dilakukan untuk memperoleh keuntungan maksimal. Sebenarnya selain kelima tips di atas masih ada banyak tips lain yang dapat membantu investor apartemen untuk memiliki keuntungan maksimal. Nah, jadi bagaimana siap untuk mulai melakukan investasi properti apartement?

Simak juga artikel berikut ini:

Leave a Comment