Jenis Investasi Asuransi Yang Menguntungkan Untuk Anda

Asuransi dipilih untuk menjadi salah satu alternatif untuk investasi. Investasi tidak melulu berbicara untuk menghasilkan keuntungan berupa uang, namun bentuk pelayanan jaminan maupun biaya pertanggungan untuk menghindari biaya kebutuhan yang lebih besar yang mungkin akan terjadi dimasa depan.

Investasi Asuransi Yang Menguntungkan menawarkan perlindungan dan menambah penghasilan maupun sebagai tunjangan dimasa depan menjadi daya tarik sendiri.

Kebanyakan yang tertarik dengan investasi asuransi adalah orang-orang yang memiliki banyak uang, termasuk para pengusaha. Untuk memutuskan apakah investasi asuransi yang dipilih menguntungkan atau tidak, bergantung pada kondisi nasabah termasuk kondisi keuangan.

Investasi-Asuransi-Yang-Menguntungkan-2

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dapat dikatakan sebagai Investasi Asuransi Yang Menguntungkan apabila sesuai dengan kebutuhan. Asuransi jiwa ini disarankan, sebab memberikan manfaat dan keuntungan.

Bagi beberapa orang yang memiliki pekerjaan beresiko terjadinya kecelakaan selama bekerja, asuransi ini tentu memberikan keuntungan. Asuransi jiwa akan memberi santunan berbentuk biaya pertanggungan pada karyawan yang mengalami kecelakaan.

Selain asuransi jiwa, rider yang umumnya ditawarkan adalah asuransi kecelakaan. Asuransi ini tidak melulu terjadi kecelakaan di ruang lingkup kerja, namun dapat juga kecelakaan yang terjadi di jalan.

Apabila berpergian atau memiliki mobilitas yang tinggi setiap harinya, asuransi kecelakaan tergolong Investasi Asuransi Yang Menguntungkan.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan Investasi Asuransi Yang Menguntungkan yang dapat dipilih, sebab hampir setiap orang akan mengalami ataupun berurusan dengan kesehatan. Semakin tua usia, akan mengalami banyak gangguan kesehatan yang mungkin saja menghampiri. Biaya kesehatan setiap harinya mengalami perubahan sehingga biaya yang dibayarkan semakin mahal.

Memiliki asuransi kesehatan, nasabah dapat dipastikan akan memperoleh pelayanan kesehatan dan pembiayaan yang terbaik sesuai dengan apa yang diinvestasikan. Perlu diketahui juga bahwa asuransi kesehatan bukan sebagai Investasi Asuransi Yang Menguntungkan pada nasabah yang berumur saja.

Baca:   Tips Investasi Properti Apartemen Agar Memperoleh Keuntungan Maksimal

Terdapat beberapa produk asuransi kesehatan, jika mendaftar di usia muda maka harga dari premi setiap bulannya cenderung lebih murah. Selain itu, masalah kesehatan tidak hanya terjadi pada orang-orang yang lanjut usia, dapat juga terjadi pada orang-orang yang masih berusia muda.

Oleh sebab itu, asuransi kesehatan sangat disarankan untuk menjadi salah satu investasi asuransi yang harus dimiliki.

Asuransi Dana Pensiun

Asuransi ini pun sangat disarankan untuk dimiliki. Alasannya, setiap orang memiliki batas usia kerja baik secara fisik maupun berdasarkan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah meskipun kebutuhan hidup tidak akan berhenti saat berhenti dari bekerja.

Sebagai alternatif untuk mengatasinya adalah dengan cara berinvestasi atau menabung, salah satu investasi yang dapat dipilih dan sangat disarankan adalah turut ikut serta dalam asuransi dana pensiun.

Pensiun dapat menjadi masa bagi nasabah untuk menikmati hidup setelah melewati masa produktif. Masa pensiun merupakan dimana akan menikmati waktu bersama keluarga dan menghabiskan waktu dengan memenuhi kegiatan yang disukai.

Memiliki asuransi dana pensiun dapat membantu keinginan dan impian segera tercapai sehingga dapat dikatakan bahwa asuransi dana pensiun juga termasuk salah satu Investasi Asuransi Yang Menguntungkan untuk dimiliki.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan akan memberikan perlindungan kepada orang tua sebagai pencari nafkah dan memberikan kepastian dana pendidikan apabila terjadi sesuatu pada orang tua. Salah satu perlindungan yang ditawarkan dari asuransi pendidikan adalah keamanan dan kepastian pendidikan anak.

Namun, asuransi pendidikan tidak melulu menjamin dana pendidikan bagi anak dengan memberikan sejumlah uang, saat orang tua mengalami musibah terdapat beberapa produk asuransi pendidikan yang membantu membiayai pendidikan anak dimasa depan hingga selesai.

Baca:   10 Manajer Investasi Reksadana Terbaik Di Indonesia

Asuransi pendidikan juga sebagai bentuk perencanaan pendidikan anak yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Nasabah dapat menentukan hingga jenjang pendidikan apa yang akan berlanjut, dimana pendidikan akan diambil dan jumlah biayanya.

Perencanaan ini akan menentukan jumlah premi bulanan yang harus dibayarkan. Asuransi pendidikan juga biasanya akan disertai dengan asuransi kesehatan sehingga anak akan mendapatkan pelayanan dan pembiayaan perawatan rumah sakit apabila diperlukan.

Kelebihan Investasi Asuransi

Investasi Asuransi Yang Menguntungkan merupakan sebuah sistem praktis dimana terdapat dua keuntungan, yaitu mendapat perlindungan dan investasi uang untuk menambah penghasilan maupun sebagai tunjangan dimasa depan.

Asuransi merupakan salah satu bentuk pengendalian risiko dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam lingkup perusahaan asuransi. Peran utama asuransi adalah sebagai pengalihan risiko, pengumpulan dana, dan premi yang seimbang.

Terdapat beberapa jenis asuransi yang ditawarkan, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi dana pensiun, dan asuransi pendidikan.Semakin memaksimalkan perlindungan asuransi, maka semakin aman jumlah investasi yang dikumpulkan. Sehingga dapat mengoptimalkan investasi untuk tujuan keuangan dalam jangka panjang yang sudah direncanakan.

Metode pembayaran investasi asuransi dapat dikatakan cukup mudah. Nasabah dapat membayar menggunakan kartu kredit sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor asuransi, sehingga lebih fleksibel terlebih bagi nasabah yang mempunyai aktivitas yang padat.

Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Kekurangan Investasi Asuransi

Investasi asuransi juga memiliki kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk investasi asuransi. Salah satu kekurangan investasi asuransi adalah premi dari investasi asuransi.

Baca:   Cara Investasi Sukuk Syariah, Prosedur dan Mekanismenya

Premi merupakan besarnya dana yang harus dibayar setiap bulan sebagai kewajiban dalam keikutsertaan investasi asuransi. Premi dari investasi asuransi tergolong lebih mahal dibandingkan investasi dan asuransi yang terpisah.

Kekurangan lainnya, nilai tunai dari pembelian produk investasi asuransi sangat kecil, bahkan lebih kecil dari nilai premi yang dibayarkan setiap bulannya. Setelah ikut serta dalam investasi asuransi dan apabila di tengah jalan nasabah memutuskan untuk berhenti tidak dapat membayar premi, maka investasi yang sudah masuk akan hangus atau hilang.

Oleh sebab itu, jika memutuskan berhenti maka nasabah yang akan rugi, jika memutuskan untuk tetap berlanjut maka harus menanggung biaya premi setiap bulannya dimana jumlah yang dibayarkan cukup lumayan besar.

Solusi Memilih Investasi Asuransi

Nasabah dapat mengalami kerugian saat ikut serta dalam investasi asuransi. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya memilih investasi asuransi berjangka.

Investasi asuransi berjangka, nasabah dapat membayar premi dengan jumlah lebih rendah dibandingkan biaya premi investasi asuransi yang cenderung dalam jumlah besar sehingga sisa pembayaran premi dapat digunakan untuk berinvestasi. Meskipun cara ini lebih rumit, namun dengan cara ini dinilai cukup aman saat nasabah ingin memiliki asuransi dan berinvestasi.

Pada dasarnya pemisahan asuransi dan investasi tergolong pilihan cukup tepat,sebab asuransi dan investasi merupakan dua hal yang memiliki perbedaan tujuan. Apabila menginginkan asuransi dan investasi, nasabah dapat memilih menggunakan asuransi berjangka dan reksadana.

Kehidupan tentu penuh misteri, tidak akan tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan dan mengantisipasinya dibutuhkan sebuah investasi atau menabung untuk memproteksi dan memberikan perlindungan atas kebutuhan yang tidak disangka dimasa depan dengan berinvestasi asuransi.

Simak juga artikel berikut ini:

Leave a Comment