7 Jenis Ikan Hias Tercantik Yang Hidup Di Air Tawar

Ikan Hias Tercantik itu, ada atau tidak ya? Ya pastinya ada dong. Karena, ada spesies ikan tertentu yang memiliki pesona cantik dari pada ikan lainnya loh. Lebih spesifik lagi untuk ikan yang hidup di air tawar.

Apakah Anda termasuk pencinta ikan, sehingga memberikan tempat tersendiri untuk akuarium yang ada di rumah atau tempat kerja? Jika iya, Anda perlu mengetahui apa saja jenis ikan hias tercantik di air tawar tersebut.

Disebut sebagai Ikan Hias Tercantik, karena jenis ini memiliki keunggulan dari pada ikan lainnya. Bisa dilihat dari ukuran, bentuk tubuh, dan warnanya yang beragam. Bahkan ada sekitar ratusan ikan hias di Indonesia, hingga ada juga yang diekspor ke luar negeri.

Namun, dari sejumlah ikan hias tersebut ada ikan tercantik sehingga orang tertarik untuk memeliharanya. Bahkan, tak sedikit juga yang membudidayakan ikan hias tersebut sebagai ladang bisnis.

Lalu, apa saja sih jenis ikan hias tercantik yang hidup di air tawar tersebut?

Simak saja, berikut ini daftar 7 ikan hias tercantik yang hidup di air tawar.

1. Ikan Cupang

ikan cupang ikan hias tercantik

Siapa sih yang tidak mengenal dengan sebutan ikan cupang ini? Di Indonesia jenis ikan cupang memiliki keunikan dari keragaman warnanya, sehingga membuat para pencinta ikan tertarik untuk memeliharanya.

Bahkan, untuk menjumpai ikan cupang yang termasuk spesies ikan hias air tawar yang cantik ini pun lebih mudah ditemukan jika Anda mendatangi pasar tradisional di sekitar. Yang perlu diperhatikan lagi nih, jika Anda memiliki ikan cupang di akuarium sebaiknya dipisahkan dengan jenis ikan lainnya.

Mengingat ikan ini termasuk jenis pemberontak, sehingga harus ditempatkan dengan wadah yang berbeda. Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin ikan cupang, antara yang jantan atau betina dari bentuk tubuhnya.

Selain itu, Anda bisa melihat kecantikan ikan cupang dari ekor dan siripnya saat dikibaskan dengan gerakan yang lamban, yang membuat ikan cupang terlihat tampak anggun.

2. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan Hias yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori ikan hias yang cukup popular karena kecantikannya, salah satu ciri khas ikan ini adalah memiliki perut yang buncit.

Dan salah satu jenis ikan molly memiliki perut yang sangat buncit, yaitu jenis molly balon, yang merupakan jenis ikan molly paling populer dan menjadi ciri khas ikan molly yang paling menonjol.

Selain cantik dan mungil, ternyata ikan molly juga sangat mudah untuk dipelihara, bahkan sudah banyak yang melakukan budidaya ikan molly untuk dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

3. Ikan Sepat Hias

Ikan Sepat Hias

Ikan yang memiliki corak khas dan berwarna hitam, ini termasuk salah satu jenis ikan tercantik. Hidup di air tawar dan masih berkerabat dekat dengan ikan gurame. Ikan jenis sepat hias termasuk yang sulit untuk dikembangkan atau dibudidayakan. Mengingat dari segi harga dan juga keberhasilan dalam pengembangan, sangatlah kecil.

Keunikan dari ikan sepat hias ini selain dari coraknya, juga terlihat dari kumis siripnya yang berukuran panjang. Memiliki jenis sepat hias dengan nama lain yang beragam, salah satunya ikan sepat yellow dan lainnya dengan ciri khas lain berupa bintik-bintik serta garis pada tubuhnya.

4. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Yang menjadi primadona dari daftar ikan hias tercantik pada artikel ini, jatuh pada sosok ikan Guppy yang juga hidup di air tawar. Kecantikannya terletak pada bentuk tubuhnya yang mungil sekitar 2 hingga 5 cm dengan sirip besar dan perpaduan warnanya begitu indah saat dilihat.

Perbedaan ikan guppy jantan dan betina bisa terlihat dari siripnya. Jika dia jantan, memiliki sirip yang lebih lebar dengan warna mencolok. Warna pada ikan guppy juga beragam. Ada yang berwarna hijau, kuning, merah, serta kombinasi warna lain membuat ikan guppy tampak indah dilihat. Anda dapat menemukan ikan guppy ini di pasaran, selain harganya murah, cara perawatannya juga mudah atau tidak ribet.

5. Ikan Koi

Ikan Koi

Mungkin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan ikan hias tercantik satu ini. Termasuk jenis ikan hias yang berasal dari Negara Sakura, Jepang.

Keunikan dan kecantikan dari ikan koi selain pada gerakannya yang lamban namun tetap jinak, juga terlihat pada corak serta warnanya begitu beragam. Sehingga, membuat pencinta ikan tertarik untuk memeliharanya.

6. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan hias tercantik selanjutnya berasal dari ikan hias populer dan hidup di air tawar yaitu ikan mas koki yang memiliki kecantikan dari warnanya, bentuk dan ukuran tubuhnya.

Hal itu dapat diliihat dari corak dan warnanya yang unik, perutnya berbentuk buncit, memiliki ekor panjang serta mata besar.

7. Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan louhan termasuk jenis ikan hias tercantik yang hidup di air tawar dan memiliki keunikan dari benjolan di kepalanya, hampir mirip seperti ikan mas koki. Sedangkan bentuk tubuhnya, seperti ikan mujair dan memiliki sirip ikan yang berwarna warni.

Buat Anda pecinta ikan louhan, Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harga ikan hias tercantik ini sangat mahal.

8. Ikan Harimau Sumatera

Ikan Harimau Sumatera

Jenis ikan hias tercantik terakhir kali ini datang dari ikan yang hidup di perairan Sumatera. Kecantikannya terlihat dari corak warna tubuh yang menyerupai binatang harimau.

Walau demikian, ikan hias tercantik ini sulit ditemukan dan langka akan keberadaannya.

9. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Bagi para pecinta ikan hias, nama neon tetra sudah sangat sering didengar. Ya ikan ini merupakan jenis ikan hias yang sangat iconik untuk dijadikan sebagai hiasan di dalam akuarium maupun aquascape.

Keindahan ikan ini sudah tak diragukan lagi, hampir semua orang yang melihat ikan ini akan merasa kagum dan takjub dengan keindahan ikan neon tetra yang begitu cantik. Ciri khasnya yang memiliki sisik yang berekilau meskipun dalam kondisi cahaya yang minim sekalipun.

10. Ikan Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra

Selanjutnya, ikan hias yang satu ini jika dilihat sekilas, pasti akan menyangka ikan ini neon tetra, namun sebenarnya jenis ikan ini berbeda, ya memang bentuk tubuh dan warna ikan sama persis namun ada perbedaan diantara keduanya jika dilihat secara seksama.

Itulah 10 Jenis ikan hias tercantik yang hidup di air tawar, semoga bisa menjadi referensi sebagai ikan hias untuk dipelihara di rumah. Dari sekian jenis ikan hias yang sudah kami paparkan di atas, silahkan Anda memilih sesuai kesukaan. Supaya bukan hanya menjadi ladang bisnis menjanjikan, namun juga menjadikan Anda nyaman dan senang dalam memeliharanya. Oke, sekian dari kami dan semoga bisa bermanfaat.

Categories Hoby
Baca juga: