8 Tips Memulai Bisnis Kue Dengan Modal Kecil

Bisnis kue kering memang sering menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Biasanya bisnis ini dijalankan ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan kemampuan untuk membuat kue. Sebenarnya anda juga memiliki peluang untuk memulai bisnis ini juga. Apalagi saat ini kebutuhan kue kering di pasaran memang cukup tinggi saat menjelang hari raya idul fitri atau natal.

Peluang seperti ini harus anda manfaatkan dengan sangat baik untuk mendapatkan omset hingga keuntungan yang lebih besar. Hal yang harus anda pertimbangkan pertama kali tentu saja penggunaan modal dan kemampuan untuk membuat kue kering.

Metode seperti ini bisa diterapkan dengan sangat mudah untuk memulai bisnis kue dengan modal kecil.

Untuk memulai bisnis kue kering ini anda membutuhkan beberapa perhitungan. Cara seperti ini termasuk dengan menerapkan tips yang akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan bisnis anda. Modal terbatas tidak akan menjadi penghalang bagi anda untuk memulai bisnis seperti ini.

bisnis-kue-modal-kecil

Berikut ini ada 8 tips untuk memulai bisnis kue dengan modal kecil yang terdiri dari:

1. Memulai dengan perencanaan

Ini merupakan tips untuk memulai bisnis kue dengan modal kecil yang sangat penting. Perencanaan ini biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa elemen penting dalam bisnis. Beberapa diantaranya seperti menghitung seluruh modal yang anda gunakan untuk produksi hingga pemasaran.

Selain itu, perencanan ini juga akan melibatkan target pasar yang akan diraih. Bisnis kue memang memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Namun, kompetisi dalam bisnis ini juga sangat besar. Tentu saja ini harus anda pertimbangkan untuk menentukan pangsa pasar yang sangat ideal.

Baca:   7 Rekomendasi bisnis fashion wanita yang menguntungkan untuk dicoba

Bahkan, anda juga bisa menciptakan pangsa pasar sendiri yang disesuaikan dengan jenis kue yang ditawarkan. Model bisnis yang anda jalankan juga masuk dalam perencanaan.

2. Mempertimbangkan potensi atau kemampuan

Tentu saja untuk memulai bisnis kue seperti ini harus disesuaikan dengan kemampuan anda dalam mengelola dan mengembangkan. Potensi ini biasanya berkaitan dengan pemahaman tentang berbagai jenis kue yang ditawarkan. Bisnis kue kering menjadi salah satu pilihan yang patut diperhitungkan.

Bila anda ingin memulai bisnis seperti ini sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan anda dalam mengelola manajemen hingga menciptakan kreasi produk terbaik. Apalagi hal ini juga akan berkaitan dengan seluruh kualitas dari produk kue yang anda tawarkan. Kreasi dan inovasi dari produk pada jenis kue akan membuat para pelanggan tidak akan cepat bosan.

Selain itu, anda juga harus memperhitungkan kemampuan untuk mengelola manajemen yang melibatkan banyak sumber daya.

3. Menerapkan riset pasar

Melakukan riset pasar akan membantu anda dalam mengembangkan bisnis kue dengan modal kecil. Riset pasar seperti ini biasanya dilakukan untuk menentukan pangsa pasar yang ideal dalam menjalankan bisnis. Selain itu, anda juga harus melakukan beberapa pertimbangan dalam mengeluarkan atau mengenalkan produk jenis kue itu.

Biasanya beberapa target pasar memiliki kebutuhan dan keinginan produk kue yang sangat berbeda. Anda harus mengelola potensi pasar itu menjadi omset terhadap produk. Riset pasar ini juga akan berkaitan langsung dengan penyebaran produk. Masing-masing dari target pasar itu memiliki peluang yang cukup berbeda.

Bahkan, beberapa orang yang melakukan riset pasar ini biasanya akan memudahkan untuk menentukan harga yang ideal terhadap pilihan produk.

Baca:   5 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Wanita Karir

4. Menghitung modal awal yang akan digunakan

Tips lain yang patut diperhitungkan adalah dengan menghitung seluruh modal awal yang anda gunakan. Sebaiknya hindari mindset yang mengungkapkan bahwa modal besar yang dimiliki akan memudahkan anda untuk menjalankan bisnis apapun. Selain itu, masih banyak juga orang yang menganggap bahwa modal besar yang digunakan akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Penggunaan modal seperti ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan model bisnis kue yang dijalankan. Anda harus menggunakan modal itu dengan sebaik-baiknya. Modal ini biasanya akan digunakan sebagai bagian dari produksi dan pemasaran. Selain itu, beberapa orang juga menggunakan sebagian modal untuk melakukan inovasi produk.

Cara seperti ini sangat ideal untuk menarik jumlah pelanggan yang lebih banyak.

5. Menyiapkan quality control untuk produksi

Kualitas produk kue yang anda tawarkan akan selalu menjadi pertimbangan banyak pelanggan. Sebaiknya tawarkan produk kue dengan kualitas yang sangat baik. Cara seperti ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan baku yang sangat baik.

Selain itu, pengemasan dari produk kue itu juga harus melalui proses quality control. Biasanya hal ini akan mempengaruhi ketahanan dari produk kue yang anda tawarkan. Semakin baik kualitas kue itu maka rasa dari produk juga akan terjaga untuk jangka waktu yang cukup lama.

Anda harus menerapkan QC secara maksimal saat memulai produksi. Sudah banyak pelanggan yang memperhatikan kualitas dari produk makanan.

6. Mencoba meningkatkan branding

Branding sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis kue atau kuliner lain. Branding seperti ini biasanya diterapkan dengan menentukan logo produk hingga pengemasan. Bahkan, beberapa produk yang memiliki kualitas terbaik selalu menggunakan logo yang unik sehingga mudah diingat.

Baca:   5 Bisnis Kekinian Dengan Pangsa Pasar Besar

Cara seperti ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dari produk yang anda tawarkan. Semakin baik branding yang anda terapkan untuk produk kue ini tentu saja akan semakin meningkatkan nilai jual.

Metode seperti ini memang dilakukan agar omset hingga keuntungan dari bisnis anda juga akan semakin baik dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, anda juga harus menerapkan promosi digital agar nilai brand itu semakin kuat dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

7. Memilih metode pemasaran atau marketing

Saat ini ada banyak pilihan metode pemasaran yang bisa anda lakukan. Masing-masing dari metode pemasaran itu tentu saja akan memiliki dampak yang sangat berbeda. Mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan pemasaran dengan teknologi digital seperti melalui online shop atau sosial media.

Keuntungan dari metode pemasaran ini akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Selain itu, anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan untuk menjelaskan seluruh pilihan produk terbaik.

Cara seperti ini dianggap akan memberikan pengaruh pada nilai brand yang anda miliki. Bahkan, beberapa orang menganggap bahwa pemasaran digital sangat ideal dan efisien.

8. Terus melakukan uji coba terhadap resep

Inovasi produk memang menjadi bagian penting dalam pengembangan bisnis kuliner. Bisnis kue juga membutuhkan inovasi produk secara berkelanjutan. Cara yang diterapkan tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap kualitas produk yang anda tawarkan.

Mulailah dengan melakukan uji coba terharap seluruh resep kue yang anda miliki. Bahkan, anda bisa menggunakan resep sendiri untuk mendapatkan signature produk. Hal ini justru akan meningatkan nilai jual dan mendukung brand anda menjangkau lebih banyak pelanggan.

Biasanya penerapan inovasi produk ini akan membutuhkan modal yang cukup besar.


Baca juga:

Leave a Comment