Home CAKRAWALA Tak Jawab Pertanyaan DPR, Jonan Tiba-Tiba Umumkan Kenaikan Harga Premium

Tak Jawab Pertanyaan DPR, Jonan Tiba-Tiba Umumkan Kenaikan Harga Premium

Komentar Dinonaktifkan pada Tak Jawab Pertanyaan DPR, Jonan Tiba-Tiba Umumkan Kenaikan Harga Premium
0
45

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika mengatakan bahwa pihaknya sempat bertanya kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan, tentang apa yang dilakukan pemerintah bila harga minyak dunia naik.

Sayangnya pertanyaan Warnika tersebut tidak pernah dijawab Jonan. Dan Jonan menyatakan harga BBM Premium naik menjadi Rp 7000 perliter, yang kemudian pemerintah meralatnya.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Saya tanya Menteri ESDM (Jonan). Kalau harga minyak dunia naik apa yang akan dilakukan pemerintah. Itu harus dipikirkan jangan sampai keputusan dilakukan tanpa persiapan yang cukup. Yang jelas kita kan butuh impor untuk memenuhi kebutuhan BBM Dalam Negeri. Eh sampai 3 Minggu tidak dijawab, dan tiba-tiba Menteri ESDM mengumumkan harga Premium naik,” kata Kardaya dalam diskusi Polemik bertema ‘BBM dan Situasi Kita’ di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/10/2018) siang.

Menaikkan harga BBM jenis Premium dinilai Kardaya memang harus dilakukan oleh pemerintah, agar tak menjadi beban bagi perekonomian.
Beban yang dimaksud adalah impor BBM disaat kurs Rupiah melemah terhadap Dolar AS yang jelas membebani APBN. Begitu pula subsidi kepada BBM sudah tentu membebani APBN. Terlebih lagi tantangan ekonomi di tahun 2019 diprediksi dia, akan makin berat.

“Apalagi di tahun 2019 tantangan ekonomi cukup berat dan Indonesia pun harus siap menangani isu ekonomi tersebut. Maka APBN harus jangan tergerus untuk subsidi BBM. Ini yang perlu kalkulasi matang pemerintah. Seberapa besar dicabutnya subsidi itu harus tepat dihitungnya,” kata Kardaya. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Gereja Disegel di Jambi, GMKI Desak Mendagri dan Kapolri Bertanggungjawab

JAKARTA, GMKI mendesak Kementerian Dalam Negeri jangan membiarkan Peraturan Daerah atau pu…