Home CAKRAWALA Mengelola BBM Harus Hati-Hati dan Perhatikan Prinsipnya

Mengelola BBM Harus Hati-Hati dan Perhatikan Prinsipnya

Komentar Dinonaktifkan pada Mengelola BBM Harus Hati-Hati dan Perhatikan Prinsipnya
0
20

JAKARTA – Pemerintah memang diberi kuasa penuh untuk mengelola sebagian besar BBM kita. Dan konstitusi menegaskan adanya perintah bagi pemerintah untuk mengelola sumber daya alam tersebut untuk kemakmuran rakyat.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Berkaitan dengan hal tersebut, anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra Kardaya Warnika meminta Pemerintah hati-hati dalam mengelola BBM, serta harus memperhatikan prinsip pengelolaannya.

“Harus hati-hati mengelola BBM ini. Tidak hanya di Indonesia tapi di banyak negara, kebijakan menaikkan harga BBM  bisa membuat demo besar-besaran dan bahkan sampai menjatuhkan pemerintah. Makanya kita harus hati-hati mengelola BBM, dan perhatikan prinsipnya” kata Kardaya dalam diskusi Polemik bertema ‘BBM dan Situasi Kita’ di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/10/2018) siang.

Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam mengelola BBM yang merupakan komoditi penunjang aktifitas bisnis dan kehidupan masyarakat. Yaitu ketersediaan barang, soal jangkauan BBM yang mudah diakses masyarakat, serta harga jualnya.

“Kalau murah tapi sulit dijangkau ya menimbulkan problem. Begitu pula, bila BBM mudah dijangkau, tapi harga terlalu mahal, juga menimbulkan masalah. Yang pasti soal ketersediaannya, kita dihadapkan pada fakta bahwa kita harus impor untuk memenuhi kebutuhan BBM Dalam Negeri,” jelas Kardaya.

Menurut dia, Indonesia saat ini sudah jauh dari kondisi surplus BBM seperti pada masa lalu. Terjadinya defisit pada saat ini, karena produksi terus turun dan kebutuhan BBM makin naik seiring bertambahnya pengguna mobil dan motor yang sangat pesat.

“Defisit makin lama makin bertambah, karena eksplorasi tidak ada. Ini karena investor tidak ada. Padahal bumi kita masih banyak kandungan minyaknya,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…