Home CAKRAWALA PP 43/2018 Perlu Demi Penguatan Pencegahan

PP 43/2018 Perlu Demi Penguatan Pencegahan

Komentar Dinonaktifkan pada PP 43/2018 Perlu Demi Penguatan Pencegahan
0
27

JAKARTA – Anggota MPR RI dari Fraksi PPP Arsul Sani meminta semua pihak berprasangka baik terhadap maksud Pemerintah menerbitkan PP Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tatacara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Maksud diterbitkannya PP tersebut adalah melibatkan masyarakat untuk menguatkan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Kita khusnudzon, prasangka baik saja dengan diterbitkannya PP tersebut. Maksudnya itu demi penguatan pencegahan korupsi, juga pemberantasan korupsi. Kalau yang siap mengawasi dan melaporkan jadi banyak orang kan orang jadi takut untuk korupsi. Maka pencegahan korupsi jadi berhasil,” kata Arsul dalam serial diskusi 4 Pilar MPR RI yang bertema “PP 43/2018 dengan TAP MPR No.XI/1998 Sinergi Berantas Korupsi” di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Jum’at (12/10)siang.

Menurut dia, PP tersebut juga relevan untuk mengontrol dana-dana yang akan dikirimkan ke daerah dan desa dalam jumlah besar. Yang mana besaran dana tersebut akan bertambah.

“Yang perlu diingat, dana desa dan dana transfer ke daerah itu akan meningkat jumlahnya lho. Itu kan juga tetap rawan dikorupsi. Maka dengan masyarakat bisa melaporkan penyelewengan dana tersebut, maka akan pikir-pikir lagi mau menyalahgunakan dana desa dan dana transfer. Jadi tolong dilihat sisi positifnya,” kata pria asal Pekalongan tersebut.

Mengenai adanya kemungkinan terjadinya dampak buruk dari pelaksanaan PP tersebut dilapangan, Arsul mengatakan kemungkinan tersebut terbuka.

“Ya terbuka kemungkinan untuk terjadi hal yang tidak kita inginkan. Misalkan begini contohnya, ada orang atau kelompok mengetahui ada oknum pejabat korupsi, maka didatangi dan mengatakan kalau saya laporkan saya dapat Rp 200 juta dari pemerintah, bagaimana enaknya ini dilaporkan atau tidak ? Ya akhirnya tidak dilaporkan kasusnya. Bisa terjadi deal untuk ‘mengubur’ kasus korupsi, dan bisa juga untuk memeras,” pungkas Arsul. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Wali Kota Bogor Sambut Baik Usulan Presiden atas Rencana Dana Kelurahan

BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik dana kelurahan seperti yang diusu…