Home CAKRAWALA Perlu Kesiapan Aparat dalam Penerapan PP 43/2018

Perlu Kesiapan Aparat dalam Penerapan PP 43/2018

Komentar Dinonaktifkan pada Perlu Kesiapan Aparat dalam Penerapan PP 43/2018
0
78

JAKARTA – Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar mengatakan bahwa penerapan PP Nomor 43 Tahun 2018 bisa memunculkan pesimisme publik, bila belum ada jaminan atau kesiapan mental aparat penegak hukum kita.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Bahkan dalam pelaksanaannya, bisa menimbulkan korupsi baru di pihak aparat penegak hukum.

“Kalau tidak ada kesiapan aparat untuk menjaga integritasnya, maka bisa jadi laporan yang masuk dari perorangan atau kelompok dibocorkan ke oknum pejabat yang jadi terlapornya. Akibatnya bisa terjadi deal oknum pejabat dan oknum aparat. Jadi ceritanya itu ingin memberantas korupsi malah menimbulkan korupsi baru. Ini bisa memunculkan pesimisme publik,” kata Fickar dalam serial diskusi 4 Pilar MPR RI yang bertema “PP 43/2018 dengan TAP MPR No.XI/1998 Sinergi Berantas Korupsi” di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Jum’at (12/10) siang.

Sebagai akademisi dirinya belum pernah mendengar negara yang melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi melibatkan masyarakat luas untuk melaporkan dan akan mendapatkan imbalan sebagaimana diatur dalam PP tersebut. Di negara-negara maju, institusi pengawasan resmi pemerintah yang dikuatkan, dan sistem pencegahannya diperkuat, tanpa harus melibatkan masyarakat secara luas.

“Di negara-negara maju, pengawasan, audit oleh lembaga resmi negara dikuatkan. Begitu pula sistemnya, moral aparatnya diperbaiki, ditingkatkan. Dengan berbagai upaya itu korupsi sediki terjadi disana. Yang perlu orang bisa korupsi itu, apalagi sampai korupsi berjamaah, karena lemahnya sistem pengawasan. Bisa sistemnya yang lemah atau moral aparatnya yang lemah atau buruk. Maka pengawasan nantinya hanya menghasilkan deal atau kesepakatan,” jelas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Wali Kota Bogor Sambut Baik Usulan Presiden atas Rencana Dana Kelurahan

BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik dana kelurahan seperti yang diusu…