Home CAKRAWALA Perlu Aturan Tegas, Perlindungan Bagi Pelapor Kasus Korupsi

Perlu Aturan Tegas, Perlindungan Bagi Pelapor Kasus Korupsi

Komentar Dinonaktifkan pada Perlu Aturan Tegas, Perlindungan Bagi Pelapor Kasus Korupsi
0
36

JAKARTA – Peraturan Pemerintah (PP) No. 43 Tahun 2018 yang mengatur pelapor kasus korupsi dan suap bisa mendapat hadiah hingga Rp 200 juta, perlu diikuti dengan aturan lebih lanjut.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Menurut anggota MPR RI dari Fraksi PPP Arsul Sani, aturan lebih lanjut yang perlu dipertegas adalah soal perlindungan fisik bagi pelapor

“Perlu aturan yang tegas terkait perlindungan fisik bagi pihak pelapor. Sekarang ini banyak orang yang tahu tapi nggak berani lapor, karena belum terjamin keselamatan dirinya dan keluarganya kalau melaporkan kasus korupsi ‘orang kuat’,” kata Arsul dalam serial diskusi 4 Pilar MPR dengan tema “PP No. 43 Tahun 2018 dan Tap MPR No. XI Tahun 1998, Sinergi Berantas Korupsi?” di Pressroom Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (12/10) sore.

Selain itu, Arsul juga meminta agar PP tersebut lebih dulu disosialisasikan secara gencar kepada masyarakat. Hal ini demi menghindari kesalahpahaman masyarakat. Salah satu yang harus disosialisasikan adalah soal hadiah bagi pelapor.

“Yang harus dipahami itu, kalau seorang atau kelompok masyarakat sudah melaporkan kasus korupsi, bukan berarti dia langsung mendapat hadiah. Hadiah yang maksimal Rp. 200 juta itu baru diberikan jika ada proses hukum yang final dan pengembalian kerugian negara. Jadi ada proses yang memakan waktu relatif lama,” jelas pria asal Pekalongan tersebut.

Arsul memperkirakan dengan keluarnya PP No. 43 Tahun 2018 ini akan mendorong lahirnya banyak lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang pemberantasan korupsi. Karena itu, Arsul juga meminta agar peraturan lebih lanjut PP ini juga mengatur tentang akreditasi LSM-LSM ini. “Jangan sampai ada LSM yang kerjanya hanya melapor kasus korupsi demi mendapatkan hadiah seperti dijanjikan dalam PP itu,” pungkas Sekjen DPP PPP tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Wali Kota Bogor Sambut Baik Usulan Presiden atas Rencana Dana Kelurahan

BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik dana kelurahan seperti yang diusu…