Home CAKRAWALA Amien Jangan Geser Pemeriksaan Dirinya ke Persoalan Politik

Amien Jangan Geser Pemeriksaan Dirinya ke Persoalan Politik

Komentar Dinonaktifkan pada Amien Jangan Geser Pemeriksaan Dirinya ke Persoalan Politik
0
82

JAKARTA – Upaya Amien Rais membongkar kasus-kasus KPK serta mengkritisi kinerja Polri merupakan hak yang bersangkutan dan tidak bisa dipersoalkan. Namun menjadi tidak tepat bila bertujuan untuk menggeser proses hukum biasa Amien, yaitu pemeriksaan oleh Polri, menjadi persoalan politik. Demikian pendapat Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Hendardi.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Pemeriksaan M. Amien Rais sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet adalah proses hukum biasa yang dilakukan oleh penyidik kepolisian dalam mengungkap kebenaran suatu peristiwa tindak pidana. Oleh karena itu, upaya-upaya menggeser persoalan hukum menjadi persoalan politik tidaklah relevan. Jadi Amien jangan geser ini menjadi persoalan politik,” kata Hendardi dalam pernyataan persnya yang diterima Rabu (10/10/2018) sore.

Menurut Hendardi, dukungan yang diberikan oleh mereka yang menamakan diri Alumni PA 212 pada pemeriksaan Amien hari ini telah memantik dan mendorong persoalan hukum biasa ini berpotensi menjadi persoalan politik.

Menurut dia, ancaman membongkar kasus-kasus di KPK, ancaman penggantian Kapolri M. Tito Karnavian, yang muncul dalam pernyataan-pernyataan M. Amien Rais dan pendukungnya merupakan manuver politik yang tidak memberikan keteladanan pada warga negara, untuk mematuhi prosedur-prosedur hukum.

“Ancaman-ancaman seperti itu tidak relevan dengan kasus yang sedang dialami Ratna Sarumpaet dan justru menggeser persoalan hukum biasa menjadi persoalan politik. Padahal Amien Rais hanya dimintai keterangan sebagai saksi. Jadi tidak usah melindungi diri berlebihan,” pungkas Hendardi. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bukan Peluru Nyasar, Tapi Peristiwa dan Niat Lain

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsyi secara pribadi menilai peris…