Home CAKRAWALA Pemerintah Optimis Pertemuan IMF-WB akan Membuat Sulteng Bangkit dari Bencana Alam

Pemerintah Optimis Pertemuan IMF-WB akan Membuat Sulteng Bangkit dari Bencana Alam

Komentar Dinonaktifkan pada Pemerintah Optimis Pertemuan IMF-WB akan Membuat Sulteng Bangkit dari Bencana Alam
0
48

JAKARTA, “Selain itu pemerintah pun tetap fokus pada penanganan dampak bencana di Sulteng, dengan mengalokasikan anggaran tersendiri. Sampai sekarang masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke juga sibuk bahu-membahu membantu saudaranya di Sulteng yang sedang dilanda bencana. Ditambah, Pak Presiden sudah memutuskan untuk membuka bantuan dari negara sahabat,” jelas Adita kepada wartawan, Senin (8/10/2018).

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Staf Khusus Presiden Adita Irawati mengatakan,  pemerintah memastikan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) – World Bank (WB) di Bali tetap berjalan. Selain itu, diyakini salah satu manfaat kerja sama internasional ini bisa membuat Sulawesi Tengah (Sulteng) bangkit kembali setelah bencana alam yang terjadi.

Adita juga menjelaskan Indonesia terus berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi pertemuan tahunan IMF-WB. Topik-topik yang dibahas di acara itu juga sebagian diarahkan untuk menajemen risiko dan penanganan bencana

“Selain itu pemerintah pun tetap fokus pada penanganan dampak bencana di Sulteng, dengan mengalokasikan anggaran tersendiri. Sampai sekarang masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke juga sibuk bahu-membahu membantu saudaranya di Sulteng yang sedang dilanda bencana. Ditambah, Pak Presiden sudah memutuskan untuk membuka bantuan dari negara sahabat,” jelas Adita kepada wartawan, Senin (8/10/2018).

Pemerintah yakin melalui kerja sama internasional ini Sulteng bisa bangkit dari keterpurukan akibat bencana.

Adita juga menegaskan, event tahunan internasional itu bisa memberikan manfaat jangka pendek dan panjang bagi Indonesia. Terutama dalam bidang ekonomi.

“Event ini juga memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi Indonesia. Antara lain manfaat ekonomi yang tidak hanya berdampak untuk Bali saja, tapi Indonesia secara umum,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak digelarnya acara Annual Meeting Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) di Bali. Mereka menyayangkan anggaran yang dikeluarkan pemerintah terlalu besar.

“Iya betul (menolak), karena hal tersebut menurut kami sangat substantif, kami pahami annual meeting IMF/WB tersebut tidak bisa dibatalkan karena anggaran yang sangat besar tersebut sudah dikeluarkan pemerintah dari APBN, namun kami menyarankan melakukan penghematan,” kata koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, lewat pesan singkat, Minggu (7/10/2018).

Keluarnya dana besar untuk menyelenggarakan pertemuan itu menurutnya terkesan foya-foya. Pasalnya Indonesia masih berusaha bangkit dari bencana gempa-tsunami di Sulawesi Tengah. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

DPD AJO Indonesia Kepri Turun Kejalan Galang Donasi Untuk Palu-Sigi-Donggala

BATAM Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Kepu…