Home CAKRAWALA Wali Kota Pasuruan Kena OTT KPK, Tjahjo: Saya Sudah Kehabisan Kata-kata

Wali Kota Pasuruan Kena OTT KPK, Tjahjo: Saya Sudah Kehabisan Kata-kata

Komentar Dinonaktifkan pada Wali Kota Pasuruan Kena OTT KPK, Tjahjo: Saya Sudah Kehabisan Kata-kata
0
71

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk kesekian kalinya merasa kecewa dengan terjadinya OTT lagi kepada Kepala Daerah. Diminta komentarnya tentang OTT KPK terhadap Wali kota Pasuruan Jawa Timur, Setiyono, Tjahjo menyatakan sudah kehabisan kata-kata.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Saya sudah kehabisan kata-kata. Kecewa sekali saya,” kata Tjahjo di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jum’at (5/10/2018) malam.

Menurut dia, upaya untuk mengingatkan para Kepala Daerah agar tidak korupsi dan menerima suap sudah tidak terhitung lagi dilakukan. Bahkan upaya untuk memberikan pemahaman tentang upaya pencegahan korupsi telah dilakukan Kemendagri bekerjasama dengan KPK. Baik itu dilakukan di Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Kemendagri maupun di KPK itu sendiri.

“Kami tidak kurang-kurangnya berikhtiar demi Kepala Daerah agar tidak korupsi. Kami lakukan pelatihan Kepala Daerah terpilih hasil Pilkada di BPSDM dengan mendatangkan narasumber dari KPK. Juga beberapa Kepala Daerah kami ajak berdialog berdiskusi ke KPK. Biar paham lagi mana yang masuk korupsi dan bukan. Tapi yang kena OTT masih ada. Dan mereka itu sudah ikut pelatihan. Maka ini ya kembali ke pribadinya, kembali ke mentalnya yang memang memprihatinkan, jadi mudah tergoda untuk korupsi” kata Tjahjo.

Mengenai alasan oknum Kepala Daerah melakukan korupsi karena ingin ‘balik modal’ terkait biaya yang dikeluarkan pada saat Pilkada, Tjahjo mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya agar Pilkada tidak  berbiaya tinggi.

Namun disisi lain Tjahjo juga mengimbau agar para peserta Pilkada adalah tokoh yang modal sosialnya tinggi, benar-benar berakar di masyarakat dan punya rekam jejak yang baik. Sosok yang mempunyai kapasitas seperti itu tentu tidak akan membutuhkan biaya tinggi bila mengikuti Pilkada. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…