Home CAKRAWALA HUKUM Pemprov DKI Akui Beri Dana ke Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta

Pemprov DKI Akui Beri Dana ke Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta

Komentar Dinonaktifkan pada Pemprov DKI Akui Beri Dana ke Ratna Sarumpaet Rp 70 Juta
0
130

JAKARTA, Dana tersebut diambil dari APBD sekitar Rp70 jutaan. Pemberian dana tersebut atas permohonan Ratna  melalui surat kepada gubernur  tanggal 31 Januari 2018.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengakui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai sponsor  keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Cile.

Dana  tersebut  diambil dari APBD sekitar Rp70 jutaan. Pemberian dana tersebut atas permohonan Ratna  melalui surat kepada gubernur  tanggal 31 Januari 2018.

Asiantoro menyatakan, pemberian sponsor bagi Ratna jauh sebelum peristiwa kebohongannya terungkap sampai ditangkap di Bandara. “Memang kita memberikan  dana sebagai sponsor untuk ke Cile,”katanya, Jumat (5/10/2018).

Hal tersebut disampaikan berkaitan dengan kepergian Ratna Sarumpaet ke Cile  untuk mengikuti acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Cile, namun batal.

“Untuk tiket, akomodasi, dan uang saku, kurang lebih 70 jutaan,” kata Asiantoro.

Pemberian dana sponsor untuk kegiatan seni dan kebudayaan dianggarkan dalam APBD.  Bahkan bila ada seniman yang akan konser di luar negeri akan dibantu  mensponsorinya. Hal tersebut,kata Asiantoro, sesuai dengan aturan yang ada. “Sejauh ini Ratna Sarumpaet memang dikenal sebagai salah satu yang aktif di bidang seni dan budaya.”

Ratna ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kabar bohong atau hoax. Ratna dianggap melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwitjaksana mengatakan, masalah sponsor tersebut bukanlah satu kesalahan. “Adalah kewajiban bagi  pemprov untuk menunjang  dan membantu masyarakat dalam mengembangkan  seni budaya. Ini hal ang berbeda, jadi tidak usah dikait-kaitkan,”ujarnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

KPK Masih Selidiki Nama ‘Tina Toon’Dijadikan Dugaan Suap Proyek Meikarta

JAKARTA, “Kode ‘tina toon’ mengarah pada salah satu pejabat di pemkab se…