Home CAKRAWALA IPI: Hoaks Ratna Sarumpaet akan Menggerus Elektabilitas Prabowo-Sandi

IPI: Hoaks Ratna Sarumpaet akan Menggerus Elektabilitas Prabowo-Sandi

Komentar Dinonaktifkan pada IPI: Hoaks Ratna Sarumpaet akan Menggerus Elektabilitas Prabowo-Sandi
0
122

JAKARTA, “Yang mana ini seharusnya menjadi alat untuk men-downgrade kredibilitas kubu Jokowi-Ma’ruf, tapi malah menjadi bumerang,” kata Peneliti senior Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Hoax aktivis Ratna Sarumpaet yang terjadi belakangan ini bisa menjadi tsunami politik bagi capres-cawapres Prabowo-Sandiaga.

“Ini justru akan semakin menggerus elektabilitas Prabowo-Sandi,” ujar Peneliti senior Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Karyono mengatakan, kasus Ratna Sarumpaet ini juga bakal menjadi image negatif bagi keduanya.

Menurutnya, dengan kebohongan yang dirancang Ratna dan direspons secara reaktif oleh Prabowo juga timnya, maka menimbulkan persepsi negatif masyarakat bagi figur Prabowo-Sandi.

Masyarakat, dikatakan Karyono, kemungkinan akan melihat Prabowo dan Sandiaga sebagai tokoh yang reaktif dalam melihat sesuatu yang sensitif seperti halnya kasus Ratna.

“Mestinya Pak Prabowo bisa menugaskan timnya untuk melakukan penyelidikan dan mencari data-data, bukan malah merespons dengan konferensi pers,” ujarnya.

Lebih lanjut, Karyono kemudian mengatakan, hoaks Ratna Sarumpaet menjadi semacam senjata makan tuan bagi kubu Prabowo-Sandiaga.

“Yang mana ini seharusnya menjadi alat untuk men-downgrade kredibilitas kubu Jokowi-Ma’ruf, tapi malah menjadi bumerang,” katanya.

Meskipun tim Prabowo-Sandiaga juga mengakui sebagai korban hoax Ratna Sarumpaet dan sudah meminta maaf, Karyono melanjutkan ini tidak bisa menjadi alasan.

“Jadinya Pak Prabowo kurang hati-hati, kurang prudent, aspek kehati-hatian saya rasa di sini perlu diperhatikan,” katanya.

Jika tokoh-tokoh seperti Prabowo dan Sandiaga menjadi korban hoax, bagaimana dengan masyarakat luas dan para pendukungnya.

“Ini yang menjadi keprihatinan kita, dan tetap saja ini akan menimbulkan persepsi negatif Pak Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan juga calon presiden,” ujar Karyono. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Viral Anak Pakai Baju Pramuka Kampanyekan Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan

JAKARTA,  Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso memastikan anak sekolah yang berteriak…