Home CAKRAWALA HUKUM Hoax Ratna Sarumpaet, Amin Rais dan Putrinya akan Diperiksa Polda Metro Jaya

Hoax Ratna Sarumpaet, Amin Rais dan Putrinya akan Diperiksa Polda Metro Jaya

Komentar Dinonaktifkan pada Hoax Ratna Sarumpaet, Amin Rais dan Putrinya akan Diperiksa Polda Metro Jaya
0
198

JAKARTA, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan mantan Ketua MPR RI Amin Rais dan putrinya, Hanum Rais,  itu akan diperiksa penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Polda Metro Jaya. Rencananya, hari ini ( jumat 5/10/2018)  akan diperiksa. 

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Terkait hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet berbuntut pada pemeriksaan politikus senior Amin Rais dan putrinya, Hanum Salsabila Rais.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan mantan Ketua MPR RI dan putrinya itu akan diperiksa.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Polda Metro Jaya. Rencananya, hari ini  ( jumat 5/10/2018) akan diperiksa.

“Ya, saya dapat info seperti itu (Amien Rais diperiksa) dan putrinya, ya (Hanum Rais)” kata Setyo, di gedung PTIK, Jalan Tirtayasa VI, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018).

Setyo juga mengatakan kemungkinan ada pihak lain juga diperiksa. “Mungkin yang lain ada juga, kan banyak itu yang terlibat,” ujarnya.

Sebab, lanjut Setyo, penyidikan kasus itu seperti menyusun puzzle. Potongan-potongan informasi dan barang bukti dikumpulkan untuk memastikan peran masing-masing.

“Begitu jadi gambar besar kita tahu, oh si A perannya ini, si B perannya ini. Jelas itu nanti. Jadi semuanya akan diproses,” ujarnya.

Dalam suatu kasus, Setyo memaparkan, tidak hanya pelaku saja. Jika ada orang lain yang turut serta juga bisa dijerat pidana.

“Intinya adalah kan di pasal KUHP itu ada pelaku, kalau pelaku jelas dia melakukan perbuatannya kan. Ada Pasal 55, barang siapa turut serta dalam melakukan kejahatan, dia diancam hukumannya ya itu, Pasal 55 itu,” tuturnya.

Celebesnews.id – Amin Rais dan Putrinya Hanum Salsabilah Rais. | Foto: Istimewa

Setyo menekankan polisi berkomitmen menuntaskan kasus ini, dan penyidik akan objektif dalam menangani kasus ini.

“Tapi yang penting sekarang komitmen Polri segera menuntaskan kasus Ratna Sarumpaet ini, serahkan ke kejaksaan, setelah P21 kita kawal di pengadilan. Tapi kita juga fair,”tandas Setyo.

Sebelumnya, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan, polisi sebelumnya telah melayangkan surat panggilan pemeriksaan sebagai saksi kepada Ratna pada Senin (1/10/2018) lalu. Namun Ratna tak memenuhi panggilan tersebut.

Ratna menghebohkan publik dengan cerita pengeroyokannya di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pada 21 September lalu, yang ternyata hanya karangannya semata.

Pada Kamis (4/10/2018) sore, polisi mendapatkan informasi mengenai rencana keberangkatan Ratna ke luar negeri. Ratna tak menginformasikan kepada polisi mengenai rencana kepergiannya ke Cile tersebut.

Dia dinilai tak kooperatif. Status Ratna pun telah jadi tersangka. Polisi kemudian bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pencegahan terhadap Ratna ke luar negeri. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Denny Indriana Membantah Pengacara Terduga Korupsi Perijinan Meikarta, Ini Alasannya

JAKARTA, “Yang pasti, saya tidak menjadi kuasa hukum para tersangka (atau saksi) yan…