Home CAKRAWALA Batal ke Chile, Pemprov DKI Meminta Ratna Kembalikan Uang APBD Rp 70 Juta

Batal ke Chile, Pemprov DKI Meminta Ratna Kembalikan Uang APBD Rp 70 Juta

Komentar Dinonaktifkan pada Batal ke Chile, Pemprov DKI Meminta Ratna Kembalikan Uang APBD Rp 70 Juta
0
53

JAKARTA, Ratna Sarumpaet batal menghadiri konferensi Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chile. Pasalnya, sebelum ke Chile Ratna ditangkap di Bandara Soekarno Hatta.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta agar aktivis Ratna Sarumpaet mengembalikan kembali dana sponsor untuk tiket, akomodasi, dan uang sekitar Rp 70 juta. Pasalnya, Ratna batal menghadiri konferensi Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chile.

“Oh iya. Kalau tidak jadi berangkat harus dikembalikan,” kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Muhammad Mawardi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Mawardi mengatakan soal besaran yang harus dikembalikan akan dihitung oleh Biro Administrasi. Dana dari APBD tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Mungkin ada yang telah dipakai dan mungkin, misalnya dia udah beli tiket, kan nanti ada hitung-hitungannya. Nanti Biro Administrasi yang menghitung berapa besaran yang harus dikembalikan. Kan ada dari airline-nya ketika ada pembatalan,” papar Mawardi.

Mawardi melanjutkan, perjalanan dinas diatur dalam Keputusan Gubernur Nomor 1066 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri. Dalam aturan tersebut diatur secara rinci besaran tiket hingga uang harian.

“Ada besaran kan ada harga tiket, terus ada uang harian,” jelasnya.

Mawardi mengatakan dana yang dikembalikan dalam kurs dolar yang nilainya berkisar Rp 70 juta. Batas pengembalian mengikuti aturan refund pada penerbangan yang dinaiki oleh Ratna.

“Batasnya, tergantung airline-nya, kapan akan mengembalikan uang itu,” ucapnya.

Diketahui, Ratna mendapat sponsor Pemprov DKI untuk menuju Chile sebesar Rp 70 juta. Apesnya, Ratna ditangkap polisi saat akan terbang menuju Chile. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Dua WNI Diculik, Pemerintah Menolak Permintaan Rp 14,3 Triliun untuk Tebusan

JAKARTA, Pemerintah akan mengupayakan jalan lain untuk membebaskan dua WNI yang diculik. …