Home CAKRAWALA EKONOMI Penguatan Dolar Harus Jadi Momentum Kebangkitan Ekspor UMKM

Penguatan Dolar Harus Jadi Momentum Kebangkitan Ekspor UMKM

Komentar Dinonaktifkan pada Penguatan Dolar Harus Jadi Momentum Kebangkitan Ekspor UMKM
0
53

JAKARTA – Menguatnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah seharusnya dijadikan momentum dan peluang bagi pelaku UMKM untuk memasuki dan meningkatkan pasar ekspor.
Hal tersebut dinyatakan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir Damanik.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Kondisi ini seharusnya menjadi peluang emas bagi produk UMKM yang bahan bakunya bukan dari impor. Salah satu strategi yang ditawarkan adalah mengembangkan rantai pasokan produk yang dikoordinir oleh pelaku UMKM yang sudah melakukan ekspor”, jelas Damanik pada acara Workshop Strategi KUMKM Dalam Menghadapi Dampak Perdagangan Bebas, di Kemenkop UKM, Rabu (3/10/2018 ) siang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Damanik mengatakankan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pemahaman KUMKM dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang usaha dari implementasi perdagangan.

Yang juga penting menurut dia adalah meningkatkan sinergitas antara pelaku usaha (KUMKM) dengan stakeholders dalam pengembangan dan pemasaran produk KUMKM, sehingga produk KUMKM makin kompetitif di pasar global.

“Selain itu kami juga mendorong pelaku usaha KUMKM melakukan ekspor sendiri tidak melalui perantara atau pengusaha besar, sehingga nilai tambah lebih besar diperoleh”, tandas Damanik.

Menurut dia, secara kumulatif nilai ekspor Indonesia Januari-Juli 2018 mencapai US$104,24 miliar. Sedangkan nilai ekspor yang dilakukan UMKM sampai dengan akhir tahun 2017 sebesar US$28,21 miliar atau sebesar 17%.

“Dari angka tersebut, nilai ekspor UMKM Indonesia lebih rendah jika dibandingkan dengan negara Asean lainnya seperti Filipina 25%, Malaysia 28%, dan Thailand 35%”. Maka menguatnya Dolar harus menjadi peluang bagi UMKM kita untuk menyamai prestasi rekan mereka di negara ASEAN,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Dirut Pertamina: Tidak Naiknya Harga BBM Tergantung Keputusan Menteri

NUSA DUA, Keputusan naik atau tidaknya harga BBM ditetapkan oleh menteri yang dilakukan de…