Home CAKRAWALA Masyarakat Harus Siap Hadapi Berbagai Bentuk Bencana

Masyarakat Harus Siap Hadapi Berbagai Bentuk Bencana

Komentar Dinonaktifkan pada Masyarakat Harus Siap Hadapi Berbagai Bentuk Bencana
0
49

JAKARTA – Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko mengatakan, Indonesia dalam posisi menjadi pertemuan empat lempeng tektonik. 

Yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu lndonesia juga terletak di kawasan sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi, yang sisinya berupa pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah yang sebagian didominasi oleh rawa-rawa. Maka masyarakat Indonesia dituntut harus siap menghadapi segala bentuk bencana.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Fakta ini harus diyakini agar masyarakat Indonesia harus siap menghadapi segala kemungkinan, segala bentuk bencana,” kata Laksana, dalam diskusi di LIPI Selasa (2/10/2018) siang.

Menurut dia, yang paling penting dilakukan saat ini, adalah mempersiapkan masyarakat agar selalu siaga melalui penyadaran publik mengenai mitigasi bencana, salah satunya lewat publikasi temuan ilmiah tentang kebencanaan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto menambahkan, sampai saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu secara akurat dan presisi memprediksi kapan datangnya bencana, terutama gempa bumi. 

“Karena belum ada teknologi yang mampu memprediksi kapan gempa datang, maka harus ada pelatihan penyelamatan diri, apa yang harus segera dilakukan saat mulai merasakan goyangan gempa,” kata Eko.

Dia menambahkan bahwa letak Kota Palu berada di atas sesar Palu Koro. Sesar Palu Koro adalah patahan yang membelah Sulawesi menjadi dua bagian barat dan timur. Sesar ini mempunyai pergerakan aktif dan jadi perhatian para peneliti geologi. 

”Fakta lokasi Kota Palu yang seperti ini seharusnya menjadikan kesiapsiagaan dan kewaspadaan bencana harus menjadi perhatian agar dampak buruk dapat diminimalisir,” kata Eko. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Ternyata Peluru Juga Nyasar ke Ruangan Effendi Simbolon

JAKARTA – Peluru nyasar yang mengenai beberapa ruangan anggota DPR RI sampai Rabu (1…