Home CAKRAWALA Tjahjo: Tidak Ada Penjarahan, Barang Akan Dibayar Pemerintah

Tjahjo: Tidak Ada Penjarahan, Barang Akan Dibayar Pemerintah

Komentar Dinonaktifkan pada Tjahjo: Tidak Ada Penjarahan, Barang Akan Dibayar Pemerintah
0
161

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara terkait dengan viralnya, penjarahan toko dan supermarket di Palu oleh korban gempa dan tsunami.

Menurut Tjahjo, warga yang menjadi korban gempa terpaksa mengambil barang-barang di toko dan supermarket tersebut karena kondisi yang darurat. Yaitu warga kelaparan dan kehausan sementara bantuan makanan dan minuman yang memadai belum tersedia. Dan dia menegaskan bahwa tidak ada penjarahan, dan barang di toko dan supermarket tersebut akan dibayar oleh pemerintah.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Jadi bukan penjarahan. Ini kondisinya darurat. Ini terpaksa dilakukan warga karena minimnya bantuan pascagempa. Warga sudah kehausan dan kelaparan. Dan perlu saya tegaskan barang-barang yang diambil warga itu nanti akan dibayar pemerintah. Kita sudah perintahkan untuk Alfamart dan Indomaret itu sudah bisa diambil barang barangnya. Catat semua apa yang diambil, diinventaris. Kami akan bayar itu semua. Tidak ada penjarahan,” kata Tjahjo dari Palu, dalam pernyataan tertulisnya yang dikirim ke WA Grup Pokja Wartawan Kemendagri, Minggu (30/9/2018)  siang.

Menurut Tjahjo, dirinya melihat sendiri kondisi minimnya bantuan untuk korban gempa dan tsunami saat berada di bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu. Maka pada saat rapat darurat di bandara yang porak poranda tersebut, diputuskan bahwa warga bisa mengambil makanan dan minuman serta barang yang dibutuhkan di supermarket dan toko-toko yang ada, dan nantinya akan dibayar pemerintah.

“Saya pun memberi perintah ke Pemprov Sulsel dan Pemkot Palu, untuk mencari yang punya toko agar dibeli dulu. Kita nyatakan pasti akan dibeli dan ditalangi pemerintah. Jangan ragu bantu warga yang kelaparan dan kehausan. Saya minta pengawalan Satpol PP dan Polri untuk bagikan makanan tersebut, yang dari toko yang masih tertutup. Saya juga bantu beli makanan dan minuman,” papar dia.

Menurut Tjahjo, saat ini wilayah terdampak bencana dalam status darurat listrik dan bantuan sulit untuk sampai karena hambatan kondisi jalan. Dia berharap masalah makanan, minuman dan listrik bisa ditangani segera. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…