Home CAKRAWALA Kementerian PUPR akan Segera Bangun Fasum Gempa Donggala dan Palu

Kementerian PUPR akan Segera Bangun Fasum Gempa Donggala dan Palu

Komentar Dinonaktifkan pada Kementerian PUPR akan Segera Bangun Fasum Gempa Donggala dan Palu
0
106

SEMARANG, Rencananya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan berangkat ke lokasi Gempa hari Minggu (30/9/2018) besok, dan akan melihat sendiri dampak kerusakan yang terjadi di Donggala.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, akan segera mengidentifikasi kerugian akibat gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Selain itu, lanjut Basuki, Kementerian PUPR akan mengambil langkah untuk membangun fasilitas umum (fasum) darurat segera dilakukan.

Dia mengatakan saat ini pihaknya belum mengetahui jumlah kerugian atau fasilitas yang rusak akibat gempa berkekuatan magnitude 7,4 serta tsunami itu.

Celebesnews.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. | Foto: Istimewa

“Saya belum dapat laporan. Baru lihat di televisi, ada jembatan runtuh ya,” kata Basuki usai menghadiri acara Seminar Nasional TL Expo 2018 di gedung Korpri, Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang, Sabtu (29/9/2018).

Rencananya Basuki akan berangkat ke lokasi Gempa hari Minggu (30/9/2018) besok. Basuki akan melihat sendiri dampak kerusakan yang terjadi di Donggala.

“Besok pagi ke sana, ini nanti saya ke Yogyakarta. Kita juga menunggu kondisi lapangan,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman gempa Lombok, lanjut Basuki, langkah kementrianya yaitu dengan membuat fasilitas umum darurat. Salah satunya, jika memang ada gedung sekolah yang rubuh maka dia akan segera memperbaikinya.

“Pengalaman kemarin, bersihkan dan bangun fasilitas darurat terutama fasilitas umum,” tegasnya.

Berdasarkan keterangan dihimpun dari data BNPB, ada 48 orang meninggal akibat gempa dan tsunami yang terjadi hari Jumat (28/9/2018) kemarin. Jumlah tersebut dimungkinkan bertambah karena pencarian masih dilakukan. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Prabowo Siap Jemput Habib  Rizieq dari Arab Saudi

JAKARTA, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan wacana penjemputan Habib Ri…