Home CAKRAWALA Jembatan Kuning Kebanggaan Kota Palu Ikut Dihantam Gempa dan Tsunami

Jembatan Kuning Kebanggaan Kota Palu Ikut Dihantam Gempa dan Tsunami

Komentar Dinonaktifkan pada Jembatan Kuning Kebanggaan Kota Palu Ikut Dihantam Gempa dan Tsunami
0
114

JAKARTA, Jembatan Kuning adalah jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia dan yang ketiga di dunia, yakni  jembatan lengkung di Jepang dan Prancis. Masyarakat setempat maupun wisatawan biasanya menikmati cantiknya momen matahari terbenam atau sunset dari jembatan ini. Tak pelak, Jembatan Kuning menjadi destinasi favorit masyarakat dan wisatawan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Jembatan Kuning, Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang dikenal Jembatan Ponulele diresmikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2006 lalu. Jembatan ini punya landmark yang menjadi kebanggan tersendiri di Kota Palu.

Selain itu, jembatan Kuning adalah jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia dan yang ketiga di dunia, yakni  jembatan lengkung di Jepang dan Prancis.

Masyarakat setempat maupun wisatawan biasanya menikmati cantiknya momen matahari terbenam atau sunset dari jembatan ini. Tak pelak, Jembatan Kuning menjadi destinasi favorit masyarakat dan wisatawan.

Namun, akibat gempa dan tsunami yang terjadi jembatan Kuning kini hancur.

Jembatan Kuning ini dibangung sepanjang 300 meter di atas teluk Talise. Jembatan menghubungkan wilayah Palu Barat dan Palu Utara. Selain itu, Jembatan Kuning juga menjadi jalur yang dapat dilalui dari kota Palu menuju Donggala.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan data sementara jumlah korban meninggal dunia pada Sabtu (29/9/2018) pukul 10.00 WIB sebanyak 48 orang. Sedangkan korban luka 325 orang.

“Ini data sementara dan masih bisa terus bertambah,” ujar Sutopo di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Berikut ini rincian korban meninggal dunia yang berada di rumah sakit, yakni di RS Woodward Palu sebanyak 2 orang  meninggal dunia, 28 luka, di RS Budi Agung Palu (10 meninggal dunia, dan 114 orang luka), RS Samaritan Palu (6 meninggal dunia, dan 54 luka), dan RS Undata Palu (30 meninggal dunia, dan 160 luka)

Dari total korban meninggal itu, paling banyak disebabkan gempa. Untuk korban akibat tsunami saat ini masih dalam pendataan. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Bukan Peluru Nyasar, Tapi Peristiwa dan Niat Lain

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsyi secara pribadi menilai peris…