Home CAKRAWALA MANCANEGARA Ajakan AS Menekan Korut Ditolak China dan Rusia

Ajakan AS Menekan Korut Ditolak China dan Rusia

Komentar Dinonaktifkan pada Ajakan AS Menekan Korut Ditolak China dan Rusia
0
65

JAKARTA, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa perkembangan positif dalam hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan yang diperkuat hubungan AS-Korea Utara, seharusnya mengarah pada keringanan sanksi.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Amerika Serikat (AS) di Dewan Keamanan PBB mengajak China dan Rusia untuk menekan negara Korea Utara. Namun ajakan AS ditolak dua negara tersebut, sebaliknya China dan Rusia menyerukan pelonggaran sanksi terhadap Korea Utara (Korut).

Dipelopori oleh Amerika Serikat, Dewan Keamanan mengadopsi tiga sanksi resolusi tahun lalu yang bertujuan untuk mengurangi pendapatan Korea Utara terkait program rudal nuklir dan balistiknya.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa perkembangan positif dalam hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan yang diperkuat hubungan AS-Korea Utara, seharusnya mengarah pada keringanan sanksi.

Wang mengatakan dewan harus mempertimbangkan “pada waktunya” suatu ketentuan untuk “memodifikasi langkah-langkah sanksi sesuai dengan kepatuhan Korut.”

Apa yang diserukan China untuk mempertimbangkan peninjauan sanksi dan menyatakan bahwa sanksi seharusnya tidak menjadi bentuk “hukuman kolektif” mendapat dukungan dari Rusia.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sebagimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (28/92018).

Lavrov berpendapat bahwa sudah waktunya untuk mengirim sinyal positif ke Pyongyang untuk mendorong konsesi.

“Langkah-langkah oleh Korut menuju perlucutan senjata bertahap harus diikuti dengan pengurangan sanksi,” ujar Lavrov.

Menurutnya, tidak pantas dan terlalu cepat bagi Amerika Serikat dan mitra-mitranya untuk memberlakukan sanksi pengetatan ketika Korea Utara telah mengambil langkah-langkah penting menuju denuklirisasi. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Diculik ISIS, Murad Raih Nobel Perdamaian

NORWEGIA, Diculik ISIS tahun 2014, dan menjadi korban perbudakan seks yang dilakukan organ…