Home CAKRAWALA HUKUM Zumi Perintahkan Anak Buah Cari Uang untuk Beli Hewan Kurban

Zumi Perintahkan Anak Buah Cari Uang untuk Beli Hewan Kurban

Komentar Dinonaktifkan pada Zumi Perintahkan Anak Buah Cari Uang untuk Beli Hewan Kurban
0
84

JAKARTA, Asrul Pandapotan Sihotang, orang kepercayaan Gubernur nonaktif Provinsi Jambi Zumi Zola mencari uang untuk beli hewan kurban. Asrul mendapat uang sebesar Rp 400 juta dari Paut Sakarin selaku kontraktor di Jambi sebesar Rp400 juta.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Persidangan Gubernur nonaktif Provinsi Jambi Zumi Zola di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terungkap, Asrul Pandapotan Sihotang, orang kepercayaan Zumi mengungkapkan, dirinya pernah diperintahkan membeli hewan kurban untuk Lebaran Idul adha pada 2017. Namun, anak Asrul diminta mencari uang sendiri untuk keperluan berkurban Zumi Zola.

“Waktu saudara diperintahkan gubernur untuk beli sapi. Saudara enggak tanya uangnya mana? Jawabannya apa?” tanya Ketua Majelis Hakim Yanto di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

“Nanya yang mulia, jawabannya cari sendiri, tidak ada uangnya,” kata Asrul menanggapi pertanyaan hakim Tipikor.

Selanjutnya, Asrul meminta bantuan orang kepercayaannya, Amidy, untuk mencari uang pembelian kurban. Amidy meminta bantuan keuangan kepada Paut Sakarin selaku kontraktor di Jambi sebesar Rp400 juta.

Asrul lalu memerintahkan Amidy untuk menyerahkan uang tersebut kepada seseorang bernama Dedi untuk membeli hewan kurban sebanyak 25 ekor. Hewan kurban itu dibagikan di beberapa kabupaten di Jambi atas nama gubernur Jambi.

“Saya sampaikan waktu itu Pak Asrul sampaikan ke saya agar minta tolong bantu Pak Paut nanti uangnya ada yang ambil ya saudara Dedi,” ucap Amidy.

Seperti diketahui, Zumi didakwa menerima gratifikasi dengan total Rp44 miliar. Gratifikasi itu diduga untuk kepentingan Zumi dan keluarganya selama menjadi gubernur Jambi.

Dalam surat dakwaan, Zumi disebut menerima Rp156 juta untuk memberi 10 hewan kurban atas namanya pada Iduladha September 2016.

Selain itu, Zumi juga meminta Rp250 juta kepada Direktur PT Artha Graha Persada M Imanudin untuk membayar jasa event organizer kegiatan buka bersama di Masjid Agung Al Falah.

Tidak hanya itu, Zumi juga meminta Imanudin menyetor uang tunai untuk biaya umrah bersama keluarganya sejumlah Rp300 juta pada Februari 2017. Uang itu mengalir ke rekening biro perjalanan umrah di Bank Mandiri. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Denny Indriana Membantah Pengacara Terduga Korupsi Perijinan Meikarta, Ini Alasannya

JAKARTA, “Yang pasti, saya tidak menjadi kuasa hukum para tersangka (atau saksi) yan…