Home CAKRAWALA Pengaruh Politik Uang Diprediksi Menurun di Pemilu 2019

Pengaruh Politik Uang Diprediksi Menurun di Pemilu 2019

Komentar Dinonaktifkan pada Pengaruh Politik Uang Diprediksi Menurun di Pemilu 2019
0
51

JAKARTA – Politik uang yang hingga kini masih sulit diberantas, diprediksi akan berkurang pengaruhnya pada Pemilu 2019 ini. Demikian prediksi Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia, Ray Rangkuti.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Menurut saya tingkat keterpengaruhan politik uang terhadap pemilih lambat laun menurun. Saya prediksi akan dibawah 30 persen. Ini berarti tidak mudah lagi seorang yang punya uang pada Pemilu 2019 ini mempengaruhi pemilih untuk memilih dirinya,” kata Ray dalam diskusi bertema “Darurat Pemilu 2019” di Parkati Center, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018) sore.

Namun demikian, Ray juga memprediksi bahwa praktik politik uang tetap marak terjadi. Jadi tetap banyak orang yang masih menerima politik uang. Namun demikian tidak serta merta mengikuti anjuran pihak pemberi uang.

“Jadi tolong dibedakan antara pengaruh politik uang dengan praktek politik uang. Prakteknya masih tetap ada, dan yang menerima duitnya itu tetap di atas 90 persen. Dalan arti masih banyak yang mau terima, walaupun belum tentu memilih sang pemberinya,” kata pria asal Mandailing Natal Sumut tersebut.

Menurut dia, pengaruh politik uang terhadap pemilih masih tinggi di Pemilu 2004.

“Di 2009 menurun, 2014 menurun, di 2019 bahkan akan jauh lebih menurun. Maka saya prediksi di Pemilu 2019 mendatang hanya 30 persen saja pengaruhnya,” kata dia.

Maka Ray memberikan peringatan agar para caleg, khususnya caleg baru lebih berhati-hati, dan tidak memakai cara-cara kotor yaitu politik uang. Karena selain itu melanggar aturan, juga pengaruhnya untuk memilih sang pemberi tidak signifikan.

“Maka pakailah cara-cara yang terhormat. Dan bila caleg itu benar-benar berakar, punya rekam jejak bagus, dan punya karya di masyarakat, maka saya rasa tidak sulit untuk membuat rakyat memilih dia, pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi di Istana Bogor

BOGOR, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi A…