Home CAKRAWALA IPI: Dukungan Putri Gus Dur Berpotensi Menyedot Pendukung Pro Demokrasi dan Pluralisme

IPI: Dukungan Putri Gus Dur Berpotensi Menyedot Pendukung Pro Demokrasi dan Pluralisme

Komentar Dinonaktifkan pada IPI: Dukungan Putri Gus Dur Berpotensi Menyedot Pendukung Pro Demokrasi dan Pluralisme
0
66

JAKARTA, Dukungan politik Putri Presiden ke-4 Republik Indonesia Yenny Wahid kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf tak hanya dilandasi semangat menjaga keutuhan kekuatan Nahdlatul Ulama (NU) dan jamaah nahdliyin, melainkan juga dilandasi oleh kesamaan visi-misi dan cita-cita membangun Indonesia ke depan.

CELEBES NEWS – Berita Terbaru, Direktur Ekskutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai dukungan politik Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid, akrab disapa Yenny Wahid kepada pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin di Pemilu Presiden 2019 akan menyolidkan pemilih dari kalangan nahdliyin dan Gusdurian.

“Bahkan dukungan Yenny Wahid kepada pasangan Jokowi dan Kiai Ma’ruf tidak sekadar menjadi magnet bagi kalangan nahdliyin dan Gusdurian, tetapi juga berpotensi menyedot kalangan pro-demokrasi dan pendukung pluralisme,” kata Karyono di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/9/2018).

Sebagai pengamat politik dia menilai dukungan politik Yenny Wahid kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf tak hanya dilandasi semangat menjaga keutuhan kekuatan Nahdlatul Ulama (NU) dan jamaah nahdliyin, melainkan juga dilandasi oleh kesamaan visi-misi dan cita-cita membangun Indonesia ke depan.

“Antara Mbak Yenny dengan Pak Jokowi sejatinya banyak memiliki kesamaan visi dibanding perbedaan. Ada kesamaan platform tentang membangun demokrasi, toleransi, dan pluralisme,” kata Karyono.

Kemarin, Yenny Wahid dan sembilan anggota Konsorsium Kader Gus Dur mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sembilan anggota Konsorsium Kader Gus Dur yang menyatakan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf adalah Barikade Gus Dur, Forum Kiai Kampung Nusantara, Garis Politik Al Mawardi, Gerakan Kebangkitan Nusantara, Satuan Mahasiswa Nusantara, Millenial Political Movement, Komunitas Santri Pojokan, Jaringan Perempuan untuk NKRI, dan Forum Profesional Peduli Bangsa.

Menurut Yenny, Jokowi-Ma’ruf merupakan pasangan yang sederhana, namun kaya dalam berkarya.

“Dua-duanya berpikir dan bertindak sederhana, namun kaya dalam karya.”

Oleh karena itu, lanjut Yenny, menyatakan mendukung pasangan nomor satu. “Bismiillah Presiden Jokowi akan kembali memimpin Indonesia,” ujar Yenny menutup pidatonya.[Celebesnews.id]

Penulis: Ralian 

 

Comments are closed.

Check Also

Presiden Ingatkan Agar Rivalitas Tak Bersifat Destruktif

JAKARTA, Saat memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Kristen Indon…