Home CAKRAWALA IKP Sebagai Sarana Untuk Persiapkan Pemilu Lebih Baik

IKP Sebagai Sarana Untuk Persiapkan Pemilu Lebih Baik

Komentar Dinonaktifkan pada IKP Sebagai Sarana Untuk Persiapkan Pemilu Lebih Baik
0
47

JAKARTA – Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang keluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) patut diapresiasi.

Menurut Emrus IPK yang memuat 15 provinsi yang berpotensi rawan konflik tersebut, harus dilihat sebagai warning untuk mempersiapkan pemilu yang lebih baik. Dan KPU serta aparat harus.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Kita harus mengapresiasi IPK tersebut, sebagai warning. Ini adalah satu hal yang bagus dan antisipatif serta masukan yang berharga bagi KPU supaya menjauhkan dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Hal ini juga baik bagi Polri untuk bisa mengantisiapasi daerah yang memiliki kerawanan,”kata Emrus dalam pernyataannya yang diterima Kamis (27/9/2018) siang.

Namun demikian Emrus berharap semua pihak berwenang tidak hanya terpaku pada 15 provinsi yang memiliki kerawanan saja. Namun sebaiknya seluruh Indonesia ada langkah antisipatif.

“Mengingat dinamika yang terjadi bisa membuat daerah yang tidak masuk daerah rawan, bisa saja terjadi kerusuhan. Maka tetap harus kita pikirkan langkah antisipasinya,” kata dia.

Sosial Media

Selain itu pendiri Emrus Corner tersebut juga meminta agar antisipasi terkait kerawanan saat Pemilu juga mengarah ke media sosial. Bagaimana agar medsos tidak menjadi alat yang gencar menyebarkan hoax, yang memanaskan situasi di suatu daerah.

Disisi lain dia, juga menyarankan agar masyarakat bisa lebih cerdas bermedia, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh oknum-oknum yang ingin membuat rusuh suasana dengan menyebarkan hoax. Untuk bisa mencapai masyarakat cerdas bermedia, perlu sinergi Kemenkominfo dengan penyelenggara dan peserta Pemilu.

“Kemenkominfo, KPU, Bawaslu dan juga parpol itu harus terus bergandeng tangan untuk mengimunisasi informasi terkait hoax. Ini untuk menunjang upaya menuju masyarakat cerdas bermedia di tahun politik yang berpotensi panas ini,” pungkas Emrus. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…