Home CAKRAWALA Tak Kunjung Selesai, Inisiator Angket Century Akan Tanya KPK

Tak Kunjung Selesai, Inisiator Angket Century Akan Tanya KPK

Komentar Dinonaktifkan pada Tak Kunjung Selesai, Inisiator Angket Century Akan Tanya KPK
0
58

JAKARTA – Para inisiator Pansus Angket Bank Century mengaku prihatin dengan belum selesainya pengusutan kasus bank tersebut. Lima dari sembilan inisiator Pansus tersebut, yaitu Bambang Soesatyo (Bamsoet), Maruarar Sirait, M Misbakhun, Andi Rahmat, dan Lily Wahid berkumpul di ruang kerja Ketua DPR RI untuk membahas kelanjutan kasus tersebut.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Hadirnya para inisiator ini, untuk menyampaikan rasa keprihatinan karena belum rampungnya kasus tersebut. Padahal sudah hampir 10 tahun kasus ini. Dan terus saja menggantung. Ini menurut kami tidak bisa dibiarkan,” kata Bambang dalam konferensi pers di ruang kerjanya di lantai 3 Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Selasa (25/9/2018) siang.

Menurut pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut, dengan belum rampungnya kasus Bank Century, maka membuat sejumlah orang tersandera, salah satunya adalah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang saat kasus terjadi menjabat sebagai Presiden RI.

“Dengan tidak tuntasnya kasus Century, maka yang tersandera ya orang-orangnya yang diduga terlibat di sana. Antara lain adalah Pak SBY, dan juga disinggung soal Demokrat. Ini tidak boleh dibiarkan makanya kita mendorong agar ini dituntaskan. Agar tidak ada lagi dugaan-dugaan yang merugikan atau menyandera orang,” kata politisi Partai Golkar tersebut.

Para inisiator tersebut menurut dia, akan mendorong agar para penegak hukum menuntaskan kasus tersebut. Terlebih lagi saat ini menurutnya sudah memasuki tahun politik. Dan apa yang masih abu-abu akan rentan dijadikan komoditas politik, untuk menyerang seorang atau kelompok.

“Maka kasus Century ini kami dorong segera dituntaskan oleh KPK. Jadi kawan-kawan tim 9, desak ini dituntaskan supaya tidak ada lagi kasus-kasus yang menggantung,” pungkas dia.

Menurut salah satu inisiator Maruarar Sirait, pihaknya akan menggunakan kewenangannya sebagai anggota DPR untuk bertanya kepada KPK mengenai kelanjutan kasus tersebut. Maruarar minta apa yang dilakukan oleh para inisiator tersebut jangan diartikan sebagai intervensi.

“Kami akan bertanya kepada KPK. Ini mohon jangan diartikan kami mengintervensi KPK. Kami serahkan proses hukum sepenuhnya kepada KPK. Tadi kami sebagai inisitor juga sering ditanya rakyat, bagaimana perkembangan kasus ini. Maka wajar bila kami akan tanya ke KPK,” kata pria yang akrab dipanggil Ara tersebut.

Sementara itu Misbakhun yang juga inisiator mengatakan pihaknya  menilai langkah hukum kasus Bank Century belum tuntas. Hal ini karena kasus bailout Bank Century yang ditaksir merugikan negara sebesar Rp 7,4 triliun tersebut, hanya berhenti pada Budi Mulya saja.

“Kami percayakan kepada KPK untuk tuntaskan kasus ini. Agar tidak berhenti pada Budi Mulya karena ada sejumlah nama yang ketika itu direkomendasikan dan dalam fakta-fakta yang ada dalam sidang. Tapi mengapa berhenti di Budi Mulya ? Maka ini akan kami tanyakan ke KPK,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bukan Peluru Nyasar, Tapi Peristiwa dan Niat Lain

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsyi secara pribadi menilai peris…