Home CAKRAWALA Dilantik Jadi Bupati Tulungagung, Syahri Lansung Dinonaktifkan

Dilantik Jadi Bupati Tulungagung, Syahri Lansung Dinonaktifkan

Komentar Dinonaktifkan pada Dilantik Jadi Bupati Tulungagung, Syahri Lansung Dinonaktifkan
0
130

JAKARTA – Bupati Tulungagung terpilih, yang telah menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Syahri Mulyo, Selasa (25/9/2018) siang dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usai dilantik Syahri yang tersangka kasus korupsi tersebut langsung dinonaktifkan.

CELEBES NEWSBerita TerbaruMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo lalu mengeluarkan Surat Keputusan yang berisi Wakil Bupati Maryoto Birowo ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung.

“Kemendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Plt kepada Wakil Bupati terpilih untuk menjalankan roda pemerintahan di Tulungagung,” kata Tjahjo di kantornya, Selasa siang.

Dengan statusnya yang dinonaktifkan, maka Syahri tidak menerima gaji sebagai Bupati Tulungagung.

“Ya nggak mendapat gaji Bupati, kan yang bersangkutan langsung nonaktif,” ujar Tjahjo.

Menurut dia, Maryoto akan menjadi Plt Bupati Tulungagung, sampai adanya putusan hukum tetap terhadap Syahri di pengadilan. Dan Kemendagri serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan pendampingan terhadap Maryoto dalam menjalankan roda pemerintahan.

Syahri Mulyo yang menjadi tersangka penerima suap proyek di Tulungagung sejak 8 Juni 2018, langsung menghindar dari para wartawan.  Dia lalu bergegas meninggalkan Kemendagri.

Berbicara mengenai Syahri, maka dia menjadi Calon Bupati yang memenangkan Pilkada Tulungagung disaat dirinya sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.  Pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo memperoleh 60,1 persen. Sedangkan kompetitornya, Margiono-Eko Prisdianto hanya mendapat 39,9 persen suara. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Gereja Disegel di Jambi, GMKI Desak Mendagri dan Kapolri Bertanggungjawab

JAKARTA, GMKI mendesak Kementerian Dalam Negeri jangan membiarkan Peraturan Daerah atau pu…