Home CAKRAWALA Hoaks Capai Ribuan Perhari, Aparat Berwenang Harus Bertindak

Hoaks Capai Ribuan Perhari, Aparat Berwenang Harus Bertindak

Komentar Dinonaktifkan pada Hoaks Capai Ribuan Perhari, Aparat Berwenang Harus Bertindak
0
55

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) prihatin dengan temuan Polri, bahwa jumlah rata-rata hoaks dalam sehari mencapai 3.500 . Hoaks tersebut diprediksi bakal meningkat seiring makin dekatnya pemilu legislatif dan pemilihan presiden secara serentak pada April tahun depan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Sebagai bentuk keprihatinan akan hoaks yang begitu banyak, kami selaku pimpinan DPR mengingatkan instansi-instansi berwenang mencermati makin maraknya hoaks di media sosial (medsos) jelang Pemilu 2019.

Bambang menyatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polri sudah seharusnya melakukan upaya-upaya preventif.

“Guna mengatasi munculnya informasi palsu atau hoaks pada berita di media siber maupun media sosial,” ujar pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut, dalam pernyataan persnya, Senin (24/9/2018)  sore.

Mantan ketua Komisi III DPR itu juga meminta Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Reserse terus memantau akun-akun di medsos. “Tindak tegas pelaku yang terbukti menyebarkan hoaks di media online, media cetak, maupun medsos sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII tersebut.

Dia juga mengingatkan pentingnya mengedukasi masyarakat tentang cara mengolah informasi yang masuk. Karena itu Bamsoet mendorong Kemenkominfo dan Bawaslu menyosialisasikan cara mengolah informasi dari satu sumber agar tidak begitu saja mempercayainya tanpa pengecekan atau konfirmasi.

Dia juga mendorong Kepolisian RI bersama dengan TNI, pemerintah daerah (pemda), tokoh-tokoh agama, guru, maupun dosen untuk saling bersinergi dalam memerangi hoaks.

“Ini demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…