Home CAKRAWALA Ada Enam Hal Harus Dilakukan untuk Wujudkan Kampanye Damai

Ada Enam Hal Harus Dilakukan untuk Wujudkan Kampanye Damai

Komentar Dinonaktifkan pada Ada Enam Hal Harus Dilakukan untuk Wujudkan Kampanye Damai
0
63

JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 sebaiknya tidak hanya slogan. Tidak pula hanya formalistik dan  tidak sebagai “hiasan dinding” yang dipajang.

Tetapi harus diwujudkan dalam bentuk perilaku, utamanya dalam tindakan komunikasi politik di ruang-ruang publik, baik itu dalam penyelenggaraan kampanye di ruang terbuka, di media massa periodik maupun non periodik, dan terutama di sosial media. Menurut Emrus ada enam hal yang bisa dilakukan para peserta Pemilu untuk mewujudkan kampanye damai.

CELEBES NEWSBerita Terbaru“Pertama, para peserta pemilu menawarkan (bukan adu) gagasan, ide dan terutama program yang terukur yang dapat menjawab permasalahan yang menjadi target pemilih. Jika melakukan adu gagasan dan sebagainya, berpotensi silang pendapat antara peserta pemilu. Mereka dipastikan akan merangkai data yang sudah di-frame terlebih dahulu dan membangun argumentasi yang juga logis yang bisa jadi sebagai pembenaran. Untuk itu, peserta pemilu sejatinya hanya mempertajam programnya tanpa menyinggung kekurangan atau kelemahan program kompetitornya,” kata Emrus dalam pernyataan persnya yang diterima Senin (24/9/2018) sore.

Kedua, jika terjadi serangan dalam bentuk hoax, ujaran kebencian, dan sebagainya melalui berbagai saluran komunikasi, terutama sosial media, kepada salah satu peserta atau paslon, maka sejatinya kompetitornya yang boleh jadi diuntungkan dengan issu tersebut maju ke depan menjelaskan. Bila perlu membelanya dengan narasi yang menyejukkan.
Misalnya, paslon Z diserang issu yang merugikannya, sejatinya paslon X yang membelanya sembari menjelaskan bahwa mereka tidak mau menang di tengah hiruk-pikuk penyebaran  hoax, ujaran kebencian, ekploitasi SARA dengan berbagai bentuk. Jadi, tidak boleh ada pembiaran sekalipun paslon yang bersangkutan diuntungkan.

“Yang ketiga, dalam susunan masing-masing timses, sebaiknya juga membuat sebuah sub tim, yaitu tim kritikus. Anggota tim ini benar-benar menguasai bidangnya, menyajikan data, membuat argumentasi yang rasional dan terutama menyejukkan. Tim ini bertugas memberikan kritikan terhadap gagasan, ide dan program dari kompetitor secara objektif. Ini sebagai fungsi pendidikan dan tuntunan politik bagi masyarakat.

Tim kritikus ini, sangat urgent dibentuk. Menurut pengamatan saya, acapkali politisi yang belum “matang” dan haus kekuasaan memberikan kririk terhadap kompetotir asal kririk, bahkan seringkali tidak berbobot, tidak disertai data yang kuat, sehingga berpotensi meninbulkan polarisasi dan gesekan sosial di tingkat akar rumput. Tontonan semacam ini sangat tidak baik dilihat oleh masyarakat,” kata Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner tersebut.

Hal yang keempat, adalah menghindari kalimat bersayap dan atau menggunakan simbol komunikasi yang multi makna. Kalimat bersayap, misalnya, “kami lebih nasionalis”. Kalimat ini sangat bersayap, seakan menempatkan kopetirornya pada tingkat nasionalisme yang lebih rendah daripadanya tanpa menyajikan ukuran nasionalisme itu sendiri.

Yang kelima, perlu dilakukan pertemuan secara periodik, setidaknya jika terjadi situasi politik yang semakin menghangat di tingkat akar rumput, anta elit politik sebagai suatu sarana komunikasi silahturahmi kebangsaan. Acara bisa di-setting dalam bentuk “Minum Kopi dan Makan Goreng Singkong Bersama” atau “Bermusik Bersama,” tanpa membicarakan materi politik sama sekali yang diselenggarakan di beberapa tempat yang berlainan di Indonesia yang diliput oleh berbagai media massa. Di tingkat pusat, komunikasi silahturahmi antar paslon, antar ketua tim sukses, antar juru bicara, antar tim kritikus, dan antar ketua patai. Hal yang sama dilakukan di tingkat propinsi, kabupaten dan kota sesuai dengan kedudukan dan funsi mereka antar masing-masing.

“Yang keenam, menurut hemat saya tampaknya perlu dibentuk dewan etika kampanye pemilu 2019. Sebab, banyak hal perilaku komunikasi politik yang belum dapat disentuh hukum positif. Tugas dewan ini mengkaji dari sudut etika terhadap semua perilaku komunikasi politik yang dilakukan oleh semua peserta pemilu sepanjang kurun waktu kampanye. Selain itu, dewan ini berfungsi mengingatkan para perserta pemilu yang diduga melakukan pelanggaran etika,” pungkas Emrus. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Tersangka Dana Korupsi Subsidi Penerbangan Pemkab Talaud Akhirnya Berhasil Ditangkap KPK

JAKARTA, Menjadi DPO sejak tahun 2014, M Rusli, yang juga Direktur Utama PT Aero Support I…