Home CAKRAWALA Pemilu Tak Sukses Bila Pemilih Percaya Hoax

Pemilu Tak Sukses Bila Pemilih Percaya Hoax

Komentar Dinonaktifkan pada Pemilu Tak Sukses Bila Pemilih Percaya Hoax
0
94

JAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) baik itu Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) tidak akan berjalan sukses bila pemilih mendasarkan pilihannya pada informasi hoax. Demikian pendapat Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Jadi sangat disayangkan bila pemilih menggunakan hak, menggunakan  kedaulatan yang dimilikinya dengan tidak tepat. Tidak tepat karena dia mempertimbangkan untuk memilih partai atau Capres berdasarkan informasi yang hoax. Ini membuat Pemilu tidak sukses, karena pemilih jadi korban penipuan,” kata Titi dalam sebuah diskusi di Cikini, Sabtu  (22/9/2018) lalu.

Menurut dia tidak legitimate nya sebuah pemilu, kalau pemilihnya membuat keputusan didasari oleh informasi atau dasar pertimbangan yang tidak bebas, dalam arti ada tekanan politik, ekonomi, atau dari informasi yang tak jujur.

“Prinsipnya adalah, kedaulatan rakyat itu bisa diwujudkan kalau diri kita bisa bebas memilih. Prinsip bebas memilih tidak akan pernah terwujud kalau pilihan kita dibuat atau didasari pada sebuah informasi bohong, dan berbagai tekanan yang membuat kita terjajah dan harus memilih sesuai kepentingan pihak penekan. Maka Perludem berharap pemilih mampu kroscek informasi dengan benar dan bijak. Yang berarti tidak hanya dari satu sumber tetapi juga dibandingkan dengan sumber pemberitaan lainnya,” pungkas Titi. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bukan Peluru Nyasar, Tapi Peristiwa dan Niat Lain

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsyi secara pribadi menilai peris…