Home CAKRAWALA Indeks Kerawanan Pemilu Harus Terus Disosialisasikan

Indeks Kerawanan Pemilu Harus Terus Disosialisasikan

Komentar Dinonaktifkan pada Indeks Kerawanan Pemilu Harus Terus Disosialisasikan
0
54

JAKARTA – Andrian Habibie, dari Divisi Kajian Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia menyatakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 harus terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan bila perlu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) juga terlibat dalam sosialisasi IKP 2019.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “IKP harus terus disosialisasikan. Panwascam perlu terlibat dalam sosialisasi IKP, karena Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan-lah yang berhubungan langsung dengan potensi-potensi kerawanan Pemilu 2019,” kata Andrian dalam sebuah diskusi Sabtu (22/9/2018) lalu.

Menurut dia, agenda sosialisasi penuh berbasis RT/RW pun patut untuk dipertimbangkan. Karena IKP 2019 adalah salah satu dasar dalam menilai demokratis atau tidaknya Pemilu 2019.

“Kita berharap, IKP 2019 bukan hanya milik para akademisi, peneliti dan penyelenggara. Tetapi, masyarakat awam terutama pemilih pun dapat memahami IKP 2019. Karena pemilih adalah warga negara yang memiliki hak pilih yang ikut menentukan masa depan bangsa,” kata dia.

Selain itu IKP juga bisa menjadi dasar bagi upaya perbaikan terhadap program pencegahan terhadap hal-hal yang dapat mengganggu Pemilu. Dengan mempelajari IKP dari masa ke masa, maka diharapkan dapat dilakukan langkah pencegahan yang lebih baik. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Berencana Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Bamsoet Kecam Keras Australia

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengecam keras pemerintah Australia yang  be…