Home CAKRAWALA Untuk Keberhasilan Pemberdayaan Zakat, BAZNAS Gandeng SROI

Untuk Keberhasilan Pemberdayaan Zakat, BAZNAS Gandeng SROI

Komentar Dinonaktifkan pada Untuk Keberhasilan Pemberdayaan Zakat, BAZNAS Gandeng SROI
0
62

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan ukuran keberhasilan pemberdayaan zakat melalui metode Social Return on Investment (SROI). Hal ini mengemuka dalam acara BAZNAS Development Forum yang diselenggarakan di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis siang. Acara hasil kerjasama BAZNAS dengan Lazis Muhammadiyah (Lazis Mu) dan  SROI Network Indonesia tersebut mengangkat tema “Zakat sebagai Investasi Sosial”.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Tampil sebagai keynote speaker, Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo mengatakan, BAZNAS saat ini terus mengembangkan ukuran keberhasilan program-program pemberdayaan zakat.

“Ukuran keberhasilan ini harus dilakukan agar pemanfaatan dana umat dapat tepat sasaran dan berdampak signifikan dalam kesejahteraan mustahik, baik jasmani maupun spiritual. Juga nantinya para mustahik akan bisa menjadi muzaki,” kata Bambang dihadapan 50 peserta yang hadir dan berasal dari unsur Penggiat Zakat yakni BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) baik pada tingkat nasional, Provinsi maupun tingkat kabupaten/ kota tersebut.

Menurut Bambang, selama ini memang belum terpikirkan secara mendalam mengembangan alat ukur keberhasilan tersebut. Maka BAZNAS kini memulainya dengan telah menyalurkan dana zakat untuk membangun Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PLMH) di desa-desa di pelosok Jambi, serta mengukur tingkat keberhasilannya.

Dalam acara yang sama, Rini Suprihartanti dari SROI Network Indonesia mengatakan bahwa SROI merupakan salah satu metode pengukuran dampak yang kini makin banyak digunakan. Inisiasi pengembangan  SROI Network Indonesia dimulai sejak tahun 2014, oleh sekelompok mitra pendiri yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, peneliti dan pengembang berbagai program-program investasi sosial.

“Tujuannya untuk membangun kemitraan yang dapat mengimplementasikan dan mengembangkan konsep SROI di Indonesia,” kata Rini. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Hari Ke 3 Kegiatan Penggalangan Dana DPD AJOI Kepri Untuk Sulteng Panitia Semakin Solid

BATAM – Hari ke – 3 kegiatan Sosial Penggalangan Dana yang di adakan DPD Alian…