Home CAKRAWALA Pemerintah Tak Akan Bentuk Aplikasi Angkutan Online

Pemerintah Tak Akan Bentuk Aplikasi Angkutan Online

Komentar Dinonaktifkan pada Pemerintah Tak Akan Bentuk Aplikasi Angkutan Online
0
56

JAKARTA – Pemerintah tidak akan membentuk aplikasi angkutan online. Pemerintah dalam posisi sebagai regulator hanya fokus masalah aturan penyelenggaraan angkutan online. Demikian klarifikasi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Pemerintah melalui Kemenhub tidak akan membentuk aplikator online. Tidak mungkin mencampur adukkan pemerintah sebagai regulator juga menjadi operator,” kata Dirjen Budi di Kemenhub, Kamis (20/9/2018)  sore.

Menurut dia, ide pembentukan aplikator plat merah bermula kedatangan aliansi mitra pengemudi online agar pemerintah membentuk aplikasi angkutan online.

“Para pengemudi merasa pendapatannya tidak sebaik awal adanya angkutan online, sehingga mereka menginginkan adanya aplikator lain yang bisa memberi pendapatan lebih baik,” kata dia.

Namun Budi mempersilakan jika ada BUMN atau swasta yang ingin membangun aplikasi, dengan melihat peluang bisnis yang dianggap memiliki prospek. Menurut dia ada beberapa pihak yang sudah mempresentasikan mengenai aplikasi angkutan online baik itu oleh pengusaha maupun para akademisi.

“Sayangnya sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,” kata dia.

Masih Berlaku

Budi menambahkan bahwa pasca dibatalkannya PM No.108 tahun 2017 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), pihaknya sedang menyusun aturan baru bersama pihak terkait seperti aliansi pengemudi, YLKI, Organda dan lembaga – lembaga negara terkait diantaranya Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut dia pelibatan Kemenhuk HAM, untuk mencari status hukum aturan tersebut, apakah tetap Peraturan Menteri (PM) atau Peraturan Presiden (Perpres).

“Kami bekerja secara simultan dan marathon, agar sebelum waktu 90 hari tersebut aturan baru sudah keluar.  Ada empat hal dari PM 108 / 2017 yang bisa dimasukkan dalan aturan baru yaitu batasan tarif atas dan bawah, wilayah operasi, kuota di setiap daerah dan tanda khusus di plat nomor kendaraan,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…