Home CAKRAWALA Kemendagri Harus Segera Benahi Permasalahan Perekaman e-KTP

Kemendagri Harus Segera Benahi Permasalahan Perekaman e-KTP

Komentar Dinonaktifkan pada Kemendagri Harus Segera Benahi Permasalahan Perekaman e-KTP
0
49

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo angkat bicara terkait fakta sekitar 11 juta warga terancam kehilangan hak pilih karena belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP). Yang mana 5 juta warga merupakan pemilih pemula yang pada 1 Januari 2018-17 April 2019 telah berusia 17 tahun tapi belum memiliki e-KTP Sedangkan 6 juta warga merupakan pemilih non-pemula berusia 23 tahun ke atas yang belum melakukan perekaman e-KTP (data Kependudukan dan Pencatatan Sipil/Dukcapil Kementerian Dalam Negeri/Kemendagri).

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Maka selaku pimpinan DPR saya minta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera membenahi permasalahan sarana dan prasarana dalam perekaman e-KTP. Ini agar kebutuhan e-KTP masyarakat dapat dipenuhi,” kata Bambang dalam pernyataan yang diterima Selasa malam.

Selain itu dia mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), bersama dengan (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil* (Disdukcapil) agar proaktif dalam memfasilitasi masyarakat untuk melakukan perekaman data e-KTP, terutama bagi pemilih pemula.

“Selaku pimpinan saya juga mendorong Komisi II DPR mendukung usulan KPU untuk menggunakan surat keterangan (suket) bagi para pemilih pemula di Pemilu 2019, mengingat banyaknya jumlah pemilih pemula yaitu mencapai 5.035.887 pemilih. Dan terus mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk segera melakukan perekaman E-KTP, agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 mendatang,” kata politisi Partai Golkar tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bukan Peluru Nyasar, Tapi Peristiwa dan Niat Lain

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsyi secara pribadi menilai peris…