Home CAKRAWALA Kapolri Akan Pecat Polisi Tak Netral dalam Pemilu

Kapolri Akan Pecat Polisi Tak Netral dalam Pemilu

Komentar Dinonaktifkan pada Kapolri Akan Pecat Polisi Tak Netral dalam Pemilu
0
70

JAKARTA – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menginstruksikan seluruh anggota Polri untuk netral dan menjaga keutuhan bangsa dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Intruksi tersebut dengan menerbitkan surat edaran mengenai netralitas anggota. Dalam surat tersebut ditegaskan bahwa bagi mereka yang melanggar terancam dipecat.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Menurut Kapolri dalam surat edaran yang diterbitkanya sudah sangat detail aturannya, di antaranya melarang anggotanya ikut berkampanye sampai berselfie dengan calon legislator. Bagi mereka yang melanggar surat edaran tersebut sanksi terberatnya adalah pemecatan. “Mulai sanksi teguran sampai yang terberat, pemecatan. Kami bersikap tegas terkait netralitas ini,” kata Tito di Mabes Polri, Selasa (18/9/2018).

Netralitas anggota Polri tersebut adalah untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tito mengakui, setiap Pemilu ada potensi perpecahan atau konflik yang diakibatkan pilihan yang berbeda. Sehingga, anggota Polri harus menjadi motor pemersatu. Untuk itu, anggota Polri harus menjaga KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu dapat menjalankan tugasnya sesuai aturan dan aman.

“Paling utama adalah semua unsur terkait baik KPU, Bawaslu, partai pendukung, massa pendukung, Polri-TNI, pemda, media massa, tokoh masyarakat, semua harus kompak dan merasa aman, terbantu dengan hadirnya Polri yang netral,” kata Kapolri. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…