Home CAKRAWALA Pemprov Sumsel Kurang Perhatian Terhadap Sosok Pahlawan Mayjend A.K Gani

Pemprov Sumsel Kurang Perhatian Terhadap Sosok Pahlawan Mayjend A.K Gani

Komentar Dinonaktifkan pada Pemprov Sumsel Kurang Perhatian Terhadap Sosok Pahlawan Mayjend A.K Gani
0
61

JAKARTA, A.K Gani adalah salah satu pahlawan nasional dan Gubernur Sumatera Selatan pertama. Sayangnya kurang perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Mayor Jendral (purn) Dr. A.K Gani pahlawan nasional yang telupakan, bahkan nama Gani sayup-sayup terdengar dikalangan masyarakat. Padahal, A.K Gani merupakan Gubernur pertama Sumatera selatan yang dulunya Sumbangsel pada periode 1946.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) kota Lubuklinggau Rike Dwi Putra mengatakan, nyaris tidak ada khalayak yg mengetahui bahwa A.K Gani adalah merupakan pahlawan nasional dari sumatera bagian selatan.

Pada acara peringatan ulang tahun A.K Gani yang diselenggarakan keluarga pada Minggu (16/9/2018) kemarin, bahkan tidak ada satu orang perwakilan dari pemerintah yang terlihat.

“Nama A.K Gani seakan ditiadakan, beliau ini pahlawan nasional, gubernur pertama Sumbagsel tapi tidak ada satu penghargaan dari pemerintah Provinsi sumsel. Saya menangis ketika melihat keluarga A.K Gani menggelar peringatan ulang tahun beliau di makam pahlawan kemarin,”kata Rike kepada Celebesnews.id, Senin (17/9/2018).

Salah satu warga Sumatera Selatan Hasanuddin AR mengatakan, museum A.K Gani juga hanya keluarga yang mengurus. Padahal, keluarga A.K Gani telah mengajukan museum tersebut sebagai cagar budaya dan nama A.K Gani dijadikan nama jalan tol palembang dan nama bandara silampari namun pemerintah tidak menggubris permintaan tersebut.

“Pemerintah kemana? Soekarno pernah mengatakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, nah apakah kita bangsa yang kecil?,” tutur Hasunidin.

Yanti Gani, salah satu Keluarga A.k Gani menyebutkan, bahwa selama ini tidak ada peran dari pemerintah dalam penanganan terhadap jasa pahlawan dan keluarganya.

“Ini bukan hanya terjadi pada keluarga kami, sangat meminta kepada pemerintah sumatra  selatan untuk membukanya dan berharap apa yang menjadi tuntutan mereka direalisasikan,”ujarnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Viral Anak Pakai Baju Pramuka Kampanyekan Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan

JAKARTA,  Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso memastikan anak sekolah yang berteriak…