Home CAKRAWALA Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

Komentar Dinonaktifkan pada Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI
0
296

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Singkali menguat menggantikan Sahat Martin Philip menduduki jabatan Ketum GMKI massa bhakti 2018-2020.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Malam ini, Kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ke-36, di Green Forest Hotel, Bogor,  akan memilih ketua umum dan sekretaris umum untuk massa bhakti 2018-2020. Sebanyak 85 cabang GMKI diberbagai daerah akan memilih, dan menentukan penanggungjawab organisasi mahasiswa Kristen itu dua tahun ke depan.

Dari berbagai kader terbaik GMKI di Indonesia, delapan nama mencuat menjadi bakal calon ketua umum. Setelah Sahat Martin Philip Sirait tidak ingin dicalonkan lagi. Sahat lebih memilih membudayakan tradisi cukup satu periode, dan mempercayakan estafet kepemimpinan kepada kader-kader PP GMKI lainnya.

Terlebih, Sahat akan lebih konsentrasi untuk ikut  pemilihan calon perwakilan daeah Republik Indonesia (DPD) daerah Pemilihan Kepulauan Riau.

Tidak majunya alumni Institute Teknologi Bandung (ITB) itu, membuat delapan nama kandidat memiliki kans yang sama menjabat ketua umum.  Para kandidat yakni, Alan Christian Singkali, kini masih menjabat Sekum GMKI, asal cabang Makassar.

Corneles Galanjijinay (Kabid Organisasi/GMKI Makassar), Martin Laurel Siahaan (Kabid Akspel/GMKI Pekanbaru), Broery Pater Tjaja (Kabid Litbang/GMKI Tobelo), Hebeth Marpaung (Kabid HI/GMKI Bogor), Sumartono (Sekfung Organisasi/GMKI Palopo), Ruben Oratmangun (Sekfung HI/GMKI Tual), dan Swangro Lumbanbatu (Korwil I Sumut,NAD/GMKI Medan).

Celebesnews.id – Presiden Joko Widodo membuka Kongres XXXVI GMKI Jakarta-Bogor, tampak hadir Ketum GMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Menkumham Yassona Laoly, Mantan Ketum PGI Pdt. Andreas Yewangoe. | Foto: Istimewa

Dari delapan nama yang beredar,  nama Alan  Christian Singkali mencuat calon kuat menggantikan Sahat Martin Philip Sinurat.  Alan selama dua tahun mendampingi Sahat,  terlihat selama ini kompak sehingga mayoritas cabang melihat Alan layak untuk menjabat Ketum.

Namun menjadi sorotan, terjadi perebutan  posisi orang nomor satu di GMKI, sesama GMKI cabang Makassar antara Alan dan Corneles.

“Saya serahkan ke GMKI Makassar, tentu mereka tahu dan dewasa menentukan kader yang akan diamanatkan untuk membawa arak-arakan organisasi ini,” kata Alan ketika dihubungi Celebesnews. Id, Selasa (18/9/2018) malam.

Alan melanjutkan,  GMKI bukanlah organisasi prakmatis, tetapi lebih pada pertimbangan kaderisasi dan berkesinambungan.

“Roda organisasi tidak boleh terputus, tetapi esrafet kepemimpinan harus berjalan dengan baik. Siapa pun yang terpilih harus melayani Tuhan di GMKI lebih baik lagi, “ujar Alan.

Sosok Swangro Lumbanbatu juga menjadi sorotan. Pasalnya, dalam sejarah Kongres GMKI tidak pernah jabatan Koordinator wilayah (Korwil) maju terpilih menjabat ketua umum. Jika Swangro terpilih maka sejarah tersendiri bagi organisasi yang berdiri pada 9 Februri 1950 itu.

Sementara, untuk kandidat sekretaris umum beredar tiga nama kans akan menggantikan Alan Christian Singkali, yang maju pemiluhan Ketum GMKI. Yakni, David Sitorus (Wasekum/GMKI Bandung), Jumady Sinaga (Kabid Media Komunikasi/GMKI Bengkulu), dan Bob Simbolon (Sekfung Media Komunikasi/GMKI Medan). [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Viral Anak Pakai Baju Pramuka Kampanyekan Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan

JAKARTA,  Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso memastikan anak sekolah yang berteriak…