Home CAKRAWALA Memprihatinkan, TKI Dipamerkan di Mal

Memprihatinkan, TKI Dipamerkan di Mal

Komentar Dinonaktifkan pada Memprihatinkan, TKI Dipamerkan di Mal
0
52

JAKARTA – Kasus “penjualan” jasa TKI via online yang dilengkapi dengan fotonya, menghentakkan nurani bangsa. Ternyata faktanya ada pula cara menawarkan TKI yang tidak beradab.

Menurut aktivis Migrant Care Siti Badriyah bahwa saat dirinya menjadi TKI di Malaysia pernah mendengar sampai melihat hal yang miris, yaitu TKI yang dipamerkan di sebuah Mal.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Miris mendengar laporan dan menyaksikan TKI kita dipajang, ditawarkan seperti barang di Mal. Itu dilakukan di beberapa negara. Juga hal itu disaksikan anggota DPR bu Eva (Kusuma Sundari-red). Ini jelas menjatuhkan martabat bangsa,” kata Siti dalam diskusi di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Selasa (18/9/2018)  siang.

Dan para TKI perempuan kita itu juga tidak berdaya. Tidak bisa menolak saat ditawarkan di Mal, juga saat ditawarkan kerja percobaan 3 bulan tanpa digaji.

“Tiga bulan percobaan itu nggak dibayar. Tapi mereka nggak punya pilihan. Karena banyak yang dikampungnya terjerat utang rentenir. Benar-benar memprihatinkan kondisinya,” kata Siti.

Menurut perempuan asal Desa miskin di Kabupaten Grobogan Jateng tersebut  tersebut, kejadian yang merendahkan martabat sang TKI maupun bangsa ini harus diakhiri. Yaitu dengan pemerintah menghadirkan perlindungan optimal terhadap TKI kita diluar negeri dan juga memberesi masalah TKI saat masih di Indonesia.
Dia menilai akar permasalahan TKI di Luar Negeri terkait dengan banyak masalah yang belum dibenahi di dalam negeri.

“Yang perlu segera dituntaskan adalah masalah di dalam negeri. Mulai dari kemiskinan, karena TKI berasal dari daerah kantong kemiskinan, peran para calo, jerat utang rentenir kepada orang tua atau keluargaTKI, pemalsuan identitas sehingga ada jenazah TKI asal NTB malah sampainya di Jabar, penipuan kontrak dan banyak lagi lainnya. UU yang baru yaitu UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran sudah bagus, sudah melindungi TKI kita sejak di Desa mereka. Tapi sayangnya PP nya kok belum juga ada. Maka sulit implementasinya” jelas Siti. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…