Home CAKRAWALA HUT Demokrat, SBY Ingatkan Bahaya Politik Uang

HUT Demokrat, SBY Ingatkan Bahaya Politik Uang

Komentar Dinonaktifkan pada HUT Demokrat, SBY Ingatkan Bahaya Politik Uang
0
99

Jakarta – “Kita akan diuji apakah pemilu ini bisa mencegah politik uang (money politics) yang makin menjadi-jadi. Demokrasi akan runtuh dan rakyat akan dikebiri manakala uang menjadi penentu segala-galanya. Gelap politik kita kalau uang digunakan sebagai alat untuk membeli suara rakyat dan sebagai transaksi terbangunnya koalisi partai-partai,” jelas Ketua Umum Partai Demokrat SBY.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Ketua Umum Partai  Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap tidak terjadi transaksi-transaksi politik, salah satunya untuk membangun koalisi. SBY menyinggung potensi terjadinya politik uang saat Pemilu 2019.

“Kita akan diuji apakah pemilu ini bisa mencegah politik uang (money politics) yang makin menjadi-jadi. Demokrasi akan runtuh dan rakyat akan dikebiri manakala uang menjadi penentu segala-galanya. Gelap politik kita kalau uang digunakan sebagai alat untuk membeli suara rakyat dan sebagai transaksi terbangunnya koalisi partai-partai,” jelas SBY dalam acara HUT PD di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Ada banyak godaan yang dihadapi saat Pemilu 2019. Namun, SBY menaruh harapan Pemilu 2019 berjalan damai, adil, dan demokratis.

SBY membeberkan, banyak godaan dan ujian yang akan Indonesia hadapi. Menurut SBY, Negara kembali akan diuji apakah Pemilu 2019 dapat berlangsung secara damai, adil, dan demokratis. Peaceful, free and fair election.

“Tiga pemilu sebelumnya, Pemilu 2004, Pemilu 2009, dan Pemilu 2014, berlangsung secara damai, adil, dan demokratis. Sejarah akan menguji apakah negara dapat mempertahankan prestasi ini,” ujar SBY.

SBY mendoakan siapa pun yang terpilih dalam Pemilu 2019 amanah. Menurutnya, amanah kekuasaan akan dipertanggungjawabkan kelak.

“Siapa pun yang pada 2019 nanti mendapatkan amanah rakyat, baik di eksekutif maupun legislatif, ingatlah selalu bahwa amanah kekuasaan itu harus dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Insyaallah setiap kemaslahatan yang kita persembahkan kepada rakyat akan menjadi ‘amal jariyah’ yang akan menemani kita di perjalanan abadi selanjutnya,” tandas SBY. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi di Istana Bogor

BOGOR, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi A…