Home CAKRAWALA EKONOMI Wamenlu: Pemerintah Minta Dukungan Ceko atas Produk-produk Kelapa Sawit Dijual  di Eropa

Wamenlu: Pemerintah Minta Dukungan Ceko atas Produk-produk Kelapa Sawit Dijual  di Eropa

Komentar Dinonaktifkan pada Wamenlu: Pemerintah Minta Dukungan Ceko atas Produk-produk Kelapa Sawit Dijual  di Eropa
0
60

JAKARTA, Sebanyak 17 juta petani kelapa sawit Indonesia bergantung pemasran produk kepala sawit di Eropa.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir yang turut mendampingi Presiden menyampaikan bahwa dalam pertemuan itu delegasi Republik Ceko turut mengikutsertakan para pengusaha dari negaranya.

“Karena itu, Presiden mengatakan kita memiliki komitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Ceko,” ucap Fachir, seusai pertemuan delegasi Senat Republik Ceko dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Hadir mendampingi dalam pertemuan itu,  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir.

Fachir mengatakan, Indonesia juga meminta dukungan Republik Ceko atas produk-produk kelapa sawit dari Indonesia di pasar Eropa. Sebab hal itu terkait langsung dengan kurang lebih 17 juta petani kelapa sawit Indonesia.

“Pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Ini menyangkut 17 juta petani Indonesia yang terkait produk kelapa sawit ini,” ujarnya.

Lebih jauh, beberapa hal lain juga dibicarakan kedua pihak seperti penjajakan kerja sama di bidang energi, industri otomotif, jaminan kesehatan, dan pendidikan.

“Mengenai pendidikan, dibuka peluang bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia, terutama di bidang kedokteran, ditawarkan juga bisa belajar di Ceko,” imbuhnya.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo juga membicarakan kemungkinan kerja sama yang lebih erat bagi kedua negara di masa mendatang.

“Saya berkomitmen untuk terus memajukan kerja sama dengan Republik Ceko di berbagai bidang khususnya di bidang perdagangan dan industri,” ujar Presiden. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Dirut Pertamina: Tidak Naiknya Harga BBM Tergantung Keputusan Menteri

NUSA DUA, Keputusan naik atau tidaknya harga BBM ditetapkan oleh menteri yang dilakukan de…