Home CAKRAWALA Sel Tahanan Setnov Terbilang Mewah, Dirjen PAS: Beri Saya Kesempatan Benahi Lapas

Sel Tahanan Setnov Terbilang Mewah, Dirjen PAS: Beri Saya Kesempatan Benahi Lapas

Komentar Dinonaktifkan pada Sel Tahanan Setnov Terbilang Mewah, Dirjen PAS: Beri Saya Kesempatan Benahi Lapas
0
78

JAKARTA, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembenahan, tak cuma di Sukamiskin, tapi juga di seluruh lapas di Indonesia.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Sel tahanan narapidana korupsi e-KTP Setya Novanto di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat mendapat sorotan  berbagai khalayak.

Menanggapi sel tahanan mewah tersebut, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembenahan, tak cuma di Sukamiskin, tapi juga di seluruh lapas di Indonesia.

Karena itu, Sri meminta waktu kepada semua pihak untuk melakukan pembenahan tersebut. Dia menyatakan siap mundur jika dalam setahun tak berhasil melakukan pembenahan.

“Mohon berkenan kami diberi waktu, Insyaallah kami menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu waktu lama, satu tahun kalau tidak berhasil izinkan saya mundur,” ujar Sri, Minggu (16/9).

Sri membantah terdapat barang-barang mewah di kamar narapidana, khususnya Setnov, panggilan Setya Novanto. Terlebih ukuran kamar mantan Ketua DPR RI itu lebih luas dari sel tahanan Lapas lainnya.

Sel  tahanan Setnov, merupakan peninggalan Belanda yang membangun Sukamiskin ini pada 1912.

“Sama sekali tidak ada barang-barang mewah. Kamar yang lebih besar mungkin jadi permasalahan. Tapi yang lain seperti jam berkunjung sudah diterapkan dengan baik oleh mereka yang bertugas di sana,” kata Sri.

Lanjut Sri, pembenahan yang dilakukan Ditjen PAS ini tidak bisa instan. Saat ini, pihaknya sudah melakukan perbaikan usai terungkapnya dugaan jual beli fasilitas mewah oleh KPK beberapa bulan lalu di Sukamiskin.

Saat itu, beberapa hari setelah Kalapas Sukamiskin Wahid Husein ditangkap KPK, terungkap juga mengenai gazebo mewah, tempat para napi tertentu menerima kunjungan keluarga dan kerabat. Menurut Sri pihak Sukamiskin kini sedang membangun tempat kunjungan baru usai pembongkaran gazebo tersebut.

“Pembenahan secara bertahap. Pada saat ruang kunjungan, gazebo, kami benahi itu dulu. Tentu kami persiapkan ruang besukan. Maka kami memperiortiaskna itu dulu,” ujarnya.

Dari situ, pembenahan kemudian akan dilakukan terhadap kamar-kamar napi yang jadi permasalahan seperti sel mewah Setnov. Tak cuma di Sukamiskin, tap pembenahan di lapas-lapas lain di Indonesia. Karenanya, dia meminta waktu untuk melakukan pembenahan tersebut.

“Beri kami waktu, beri kami kepercayaan. Yang kami tangani adalah orang-orang yang diputus pengadilan bersalah,” imbuhnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

DPD AJO Indonesia Kepri Turun Kejalan Galang Donasi Untuk Palu-Sigi-Donggala

BATAM Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Kepu…