Home CAKRAWALA Patut Dipertanyakan Mengapa Kada Demonstratif Mendukung Petahana

Patut Dipertanyakan Mengapa Kada Demonstratif Mendukung Petahana

Komentar Dinonaktifkan pada Patut Dipertanyakan Mengapa Kada Demonstratif Mendukung Petahana
0
65

JAKARTA – Pengamat politik yang Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mencermati fenomena Kepala Daerah (Kada) secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Joko Widodo sebagai Capres Petahana.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Menurut Pangi hal ini mengundang berbagai pertanyaan publik, karena pada Pilpres sebelumnya, walaupun Kada memang mendukung Capres yang berbeda, namun mereka tidak sampai menyatakannya dimuka publik.

“Yang menarik dan mengundang pertanyaan ini, kenapa ya kok sekarang tren nya ramai-ramai, secara demonstratif, menyatakan mendukung Jokowi. Memang dukungan Gubernur bisa menjadi suntikan dukungan kepada Jokowi selaku petahana. Dan jelas hal ini Jokowi yang diuntungkan,” kata Pangi dalam dalam diskusi bertema “Etika Politik Kampanye Bagi Kepala Daerah” di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Senin  (17/9 /2018) sore.

Menurut dia, dengan adanya dukungan yang secara terang-terangan ini, muncul berbagai pertanyaan di publik.

“Pertama benarkah para Kada itu mendukung Jokowi karena benar-benar puas terhadap Jokowi. Kedua benarkah ada tekanan politik yang membuat mereka harus secara terang-terangan mendukung Jokowi? Karena mendukung tanpa harus berkoar-koar ke publik kan juga bisa. Yang ketiga apakah ini terkait kontrak saat Pilkada, bahwa bila menang harus mau menyatakan dukungan kepada Jokowi,” jelas Pangi.

Bila Kada itu memang kader dan petugas partai yang mengusung Jokowi, maka tentu tidak bisa mengelak. Namun yang menarik adalah saat Kada itu bukan kader parpol yang mengusung Jokowi, tapi mengapa harus secara terbuka menyatakan dukungan kepada Jokowi.

“Apakah karena memang ingin mendapatkan perlindungan secara hukum, maka dia harus main aman ? Atau alasan lainnya. Ini semua tentu menarik untuk kita kaji,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

DPD AJO Indonesia Kepri Turun Kejalan Galang Donasi Untuk Palu-Sigi-Donggala

BATAM Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Kepu…