Home CAKRAWALA Kepala Daerah Jadi Jurkam Karena Ada Ubi Ada Talas

Kepala Daerah Jadi Jurkam Karena Ada Ubi Ada Talas

Komentar Dinonaktifkan pada Kepala Daerah Jadi Jurkam Karena Ada Ubi Ada Talas
0
52

JAKARTA – Kepala Daerah (Kada) menjadi juru kampanye Capres-Cawapres menjadi suatu yang oleh sebagian dari mereka tidak bisa ditolak. Menurut anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil hal tersebut bagaikan pepatah ada ubi ada talas.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Ya para Kada itu banyak yang sulit menolak untuk jadi jurkam, karena mereka kan bagaikan peribahasa ada ubi ada talas, ada budi ada balas. Jadi harus balas budi dengan parpol yang mengusungnya. Partai pengusung mendukung Capres tertentu ya dia harus siap diminta jadi jurkam Capres tertentu,” kata Nasir dalam diskusi bertema “Etika Politik Kampanye Bagi Kepala Daerah” di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Senin (17/9/2018)  siang.

Menurut Nasir, karena balas budi dan perlu mendapat dukungan terus oleh DPRD, maka Kada sulit untuk menolak. Walaupun sebenarnya para Kada tersebut juga telah mengeluarkan biaya untuk mendapatkan dukungan dari parpol.

“Tapi sulit kan bagi Kada bilang “nggak mau saya, kan saya sudah bayar untuk dapat dukungan”. Ya bisa kena masalah dia. Maka ya lebih demi terus mendapatkan dukungan dari DPRD yang merupakan representasi parpol yang mendukungnya,” kata Nasir.

Menurut dia yang berpotensi menjadi masalah, ketika Kada secara terselubung dibebani target oleh partai untuk memenangkan Capres tertentu. Maka Kada tersebut tentu akan tergoda menggunakan fasilitas jabatannya, serta jadi tidak netral. Juga adanya kekhawatiran bahwa cuti saat kampanye berpotensi mengganggu kerjanya.

“Kalau sudah dikondisikan untuk memenangkan Capres tertentu, maka jadi tidak netral. Dan itu bisa melanggar sumpahnya. Dalam sumpah sebagai Kada, tidak ada itu perintah untuk memenangkan Capres. Tapi dia harus seadil-adilnya, selurus-lurusnya mengemban amanah, dalam arti ini menjurus kepada dia harus netral,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Viral Anak Pakai Baju Pramuka Kampanyekan Ganti Presiden, Moeldoko: Ada yang Mengkondisikan

JAKARTA,  Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso memastikan anak sekolah yang berteriak…